Apa itu Digital Subtraction Angiography atau DSA, Serta Apa Manfaat dan Biaya Penggunaannya

- 1 April 2022, 14:25 WIB
Ilustrasi - Penjelasan tentang apa itu Digital Subtraction Angiography atau DSA, serta selengkapnya tentang manfaat dan biaya dari penggunaannya.
Ilustrasi - Penjelasan tentang apa itu Digital Subtraction Angiography atau DSA, serta selengkapnya tentang manfaat dan biaya dari penggunaannya. /PIXABAY/geralt

BERITA DIY - Simak penjelasan tentang apa itu Digital Subtraction Angiography atau DSA, serta informasi selengkapnya tentang manfaat dan biaya dari penggunaannya.

Digital Subtraction Angiography atau DSA, merupakan suatu perangkat kedokteran yang akan menampilkan gambar dari pembuluh darah manusia di bagian tubuh tertentu.

DSA dilakukan oleh Dokter dengan cara menyemprotkan zat kontras (iodium) sehingga bisa terdeteksi oleh perangkat X-Ray, dimana zat tersebut akan dialirkan pada pembuluh jantung, kepala, kaki, perut, hati, dan bagian tubuh lainnya.

Baca Juga: Apa itu Trauma Masa Lalu yang Disebabkan oleh Pengkhianatan, Berikut Ciri-ciri, Dampak, dan Cara Mengatasinya

Dengan adanya zat kontras yang dimasukkan ke pembuluh darah, dokter bisa mendapat gambaran jelas dari pembuluh tersebut kemudian dokter bisa mendiagnosis apakah ada penyumbatan atau ketidaknormalan di dalamnya.

Dilansir dari healthline.com pada unggahan healthline.com/health/cerebral-angiography, perangkat DSA sebagai alat diagnosis diterapkan untuk melakukan pengecekan pada bagian tubuh berikut ini:

1. Pulmonary Angiography 

Merupakan pengecekan dengan zat kontras pada aliran darah yang mengalir ke paru-paru manusia, dengan begitu dokter bisa melakukan tindakan selanjutnya apabila ada keanehan pada gambar yang ditunjukkan DSA.

Baca Juga: Apa itu Penyakit Aphasia, Gangguan Kognitif yang Menyebabkan Bruce Willis Pensiun dan Cara Mencegahnya

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x