Awal Puasa Ramadhan 2022 Jatuh pada Tanggal Berapa? Jadwal NU dan Muhammadiyah, Kapan Sidang Isbat Kemenag?

- 28 Maret 2022, 18:00 WIB
Ini penjelasan kapan tanggal masuk mulai bulan puasa Ramdhan 2022 dari NU dan Muhammadiyah, beserta jadwal sidang isbat Kemenag.
Ini penjelasan kapan tanggal masuk mulai bulan puasa Ramdhan 2022 dari NU dan Muhammadiyah, beserta jadwal sidang isbat Kemenag. /Pixabay.com/@mohammed_hassan

BERITA DIY - Ketahui kapan tanggal awal masuk bulan puasa Ramadhan pada tahun 2022 lengkap dengan penjelasan pada NU dengan Muhammadiyah, beserta jadwal sidang isbat dari Kemenag.

Ummat Islam tak lama lagi akan memasuki bulan baru, seperti yang diketahui bahwa setelah menjalankan bulan Syaban maka akan segera melangkah ke bulan Ramadhan dalam perhitungan penanggalan Hijriah.

Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang penting bagi ummat Islam, pasalanya menjadi bulan yang mulia dengan berbagai ibadah yang dapat dilaksanakan seperti adanya kewajiban menjalankan puasa selama sebulan penuh.

Baca Juga: Doa Ziarah Kubur Menjelang Bulan Puasa Ramadhan 1443 2022 serta Tata Cara Dzikir Sesuai Ajaran Rasulullah

Sedangkan sebelum nantinya memasuki bulan Ramadhan, salah satu hal yang perlu diketahui adalah dengan memahami kapan atau tanggal berapa awal puasa dan mulai memasuki ke dalam bulan Ramadhan.

Kementerian Agama atau Kemenag hingga sampai saat ini belum melakukan penetapan mengenai kapan tanggal mulai masuk ke dalam bulan puasa atau Ramadhan khususnya di tahun 2022 kali ini.

Sedangkan sejumlah organisasi keagamaan seperti NU juga belum menetapkan tanggal. Disisi lain, Muhammadiyah pada beberapa waktu yang lalu telah menetapkan tanggal atau jadwal mulai masuk dalam puasa Ramadhan.

Baca Juga: Menjelang Ramadhan Begini Tata Cara Melakukan Ziarah Kubur dan Bacaan Doa yang Bisa Dibaca

MUI sendiri nantinya diketahui akan menjalankan proses yaitu sidang isbat guna menentukan kapan jadwal mulai masuk dalam bulan puasa Ramadhan. Sidang tersebut rencananya akan diselenggarakan pada 1 April 2022 mendatang.

Proses dalam sidang isbat yang dilakukan oleh Kemenag tersebut nantinya akan menetapkan tanggal atau awal masuk bulan Ramadhan 2022 berdasarkan pada metode rukyiatul hilal yang akan dilaksanakan secara serentak.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x