Menjelang Ramadhan Begini Tata Cara Melakukan Ziarah Kubur dan Bacaan Doa yang Bisa Dibaca

- 28 Maret 2022, 11:45 WIB
Ilustrasi tata cara dan doa ziarah kubur. Menjelang Ramadhan begini tata cara melakukan ziarah kubur dan doa yang dibaca ketika ziarah.
Ilustrasi tata cara dan doa ziarah kubur. Menjelang Ramadhan begini tata cara melakukan ziarah kubur dan doa yang dibaca ketika ziarah. /PIXABAY/@ju_dit

BERITA DIY- Menjelang Ramadhan begini tata cara melakukan ziarah kubur dan doa yang harus dibaca ketika ziarah. Dalam artikel ini terdapat beberapa amalan dan tata cara saat melakukan ziarah kubur.

Masyarakat Indonesia memiliki kebiasan melakukan ziarah kubur sebelum memasuki bulan Ramadhan. Melakukan ziarah kubur atau nyekar memiliki tata cara dan doa yang harus dibaca.

Ziarah kubur dianjurkan karena memiliki hikmah dimana manusia dapat mengingat kematian. Selain itu ada juga pantangan ketika melakukan ziarah kubur.

Baca Juga: Doa Ziarah Kubur, Bisa Dibaca Saat Nyekar Jelang Ramadhan Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia

Ketika melakukan ziarah kubur dilarang meminta-minta pada kuburan dan menjadikannya sebagai wasilah kepada Allah SWT.

Larangan meminta pada kuburan dan menjadikannya sebagai wasilah dijelaskan dalam al-Quran surat Yunus ayat 106 yang artinya:

“Dan janganlah engkau menyembah sesuatu yang tidak memberi manfaat dan tidak pula memberi bencana kepada mu selain Allah. Sebab jika engkau melakukan yang demikian, maka sesungguhnya engkau termasuk orang-orang zalim”.

Baca Juga: Doa untuk Ziarah Kubur Sebelum Memasuki Bulan Ramadhan, Bacaan Lengkap dan Tata Cara yang Benar Simak di Sini

Berikut ini beberapa amalan, tata cara atau etika dan doa yang perlu dibaca ketika ziarah kubur:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah