Apa Itu Hilal? Metode yang Digunakan Kemenag untuk Cek Awal Puasa 1 Ramadhan dan Perbedaan dengan Hisab

- 28 Maret 2022, 07:31 WIB
Ilustrasi kalender apa itu hilal, salah satu metode yang digunakan Kementerian Agama (Kemenag) untuk cek awal puasa 1 Ramadhan 1443 Hijriah dan perbedaan dengan hisab.
Ilustrasi kalender apa itu hilal, salah satu metode yang digunakan Kementerian Agama (Kemenag) untuk cek awal puasa 1 Ramadhan 1443 Hijriah dan perbedaan dengan hisab. /PIXABAY/tigerlily

BERITA DIY - Penjelasan apa itu hilal, salah satu metode yang digunakan Kementerian Agama (Kemenag) untuk cek awal puasa 1 Ramadhan 1443 Hijriah dan perbedaan dengan hisab.

Adapun Kemenag akan mengadakan sidang isbat pada 1 April 2022 untuk memastikan awal puasa 1 Ramadhan 1443 H dengan membandingkan hasil perhitungan hisab dan pengamatan rukyatul hilal.

Adapun hisab yakni metode penghitungan awal puasa 1 Ramadhan yang digunakan oleh PP Muhammadiyah.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Jelang Ramadhan, Lengkap Arab, Latin, dan Indonesia

"Selain data hisab (informasi), sidang isbat akan merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi) yang dilakukan Tim Kemenag pada 78 lokasi di seluruh Indonesia," tulis rilis Kemenag pada Senin, 14 Maret 2022.

Adapun PP Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 2 April 2022 melalui metode hisab dan Ramadhan ditetapkan selama 30 hari.

Apa itu rukyatul hilal, metode menentukan awal puasa 1 Ramadhan?

Baca Juga: Kapan Awal Puasa Ramadhan 2022? NU dan PP Muhammadiyah Berpeluang Beda Awal Puasa

Rukyatul hilal adalah proses melihat dan mengamati bulan secara langsung. Adapun hilal secara harfiah berarti bulan sabit.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x