Kenali Endometriosis Penyebab Rasa Nyeri Saat Haid yang Perlu Diwaspadai dan Cara Mengatasi

- 26 Maret 2022, 12:25 WIB
ilustrasi - Cara mengatasi dan penyebab rasa nyeri saat haid yang perlu diwaspadai perempuan karena termasuk gejala endometriosis.
ilustrasi - Cara mengatasi dan penyebab rasa nyeri saat haid yang perlu diwaspadai perempuan karena termasuk gejala endometriosis. /Sehatq.com/Sehatq

BERITA DIY - Simak penyebab rasa nyeri saat haid atau datang bulan yang perlu diwaspadai oleh kaum wanita beserta cara mengatasi yang tepat.

Siklus haid merupakan kondisi hormonal yang dialami perempuan setiap bulan. Ada berbagai macam reaksi tubuh saat datang bulan termasuk rasa nyeri.

Rasa nyeri yang hebat hingga menghalangi aktivitas keseharian saat datang haid harus diwaspadai lantaran hal tersebut disebabkan oleh endometriosis.

Baca Juga: Doa Niat dan Cara Mandi Junub Menghilangkan Hadas Besar dari Darah Haid hingga Mani, Apakah Harus Keramas?

Dikutip BERITA DIY dari Antara pada Sabtu, 26 Maret 2022, Spesialis Obstetri & Ginekologi Pusat Fertilitas Bocah Indonesia, dokter M. Luky Satria, Sp.OG KFER, menjelaskan endometriosis merupakan tumbuhnya jaringan endometrium atau lapisan dinding rahim yang tumbuh di luar rahim.

“Nyeri haid itu gejala endometriosis yang paling umum diketahui. Masalahnya, orang-orang awam menganggap nyeri haid berlebihan itu wajar," kata Luky dikutip dari Antar pada Sabtu, 26 Maret 2022.

Endometriosis jika tidak segera ditangani akan semakin berkembang sehingga memperburuk keadaan mengidap penyakit ini.

Baca Juga: Ciri-ciri Hamil Sebelum Terlambat Datang Bulan atau Haid

Penyakit jaringan ini semakin lama dapat semakin memburuk jika tidak mendapat penanganan yang tepat. Penderita endometriosis akan mengalami beberapa gejala, salah satunya mengalami nyeri hebat ketika menstruasi.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x