Resep Membuat Nasi Kuning Menggunakan Rice Cooker Gurih dan Pulen Cocok Dijadikan Menu Buka Puasa

- 25 Maret 2022, 19:15 WIB
ilustrasi - Nasi kuning merupakan salah satu makanan khas di Indonesia yang biasanya disajikan bersama lauk-pauk seperti telur, ayam goreng, tempe orek, kerupuk, dan sambal.
ilustrasi - Nasi kuning merupakan salah satu makanan khas di Indonesia yang biasanya disajikan bersama lauk-pauk seperti telur, ayam goreng, tempe orek, kerupuk, dan sambal. /PIXABAY/@einladung_zum_Essen

BERITA DIY - Berikut merupakan resep membuat nasi kuning menggunakan rice cooker dijamin gurih dan pulen yang cocok dijadikan menu buka puasa bersama keluarga.

Nasi kuning merupakan salah satu makanan khas di Indonesia yang biasanya disajikan bersama lauk-pauk seperti telur, ayam goreng, tempe orek, kerupuk, dan sambal.

Nasi kuning umumnya disajikan dalam perayaan-perayaan spesial, misalnya saat kelahiran, pernikahan, ulang tahun, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Resep membuat Tahu Crispy Sederhana yang Kekinian, Renyah, dan Mudah Dibuat di Rumah

Nasi kuning kerap dijumpai di daerah Jawa Tengah,Yogyakarta, Banjar, Manado, dan Bali. Penyajian nasi kuning cukup beragam, namun yang paling umum dibentuk seperti cone atau yang biasa disebut dengan tumpeng.

Biasanya masyarakat Hindu membuat nasi kuning sebagai simbol Mahadewa, hal tersebut digunakan sebagai ungkapan terimakasih dan untuk memohon keselamatan kepada dewi.

Bahan dasar untuk membuat nasih kuning cukup mudah untuk didapat di antaranya seperti beras, kunyit, santan, dan rempah-rempah.

Baca Juga: Resep Sop Buah Segar dan Ekonomis, Cocok Jadi Menu Buka Puasa Hilangkan Dahaga

Sesuai dengan namanya, nasi kuning ini adalah nasi yang berwarna kuning. Warna kuning tersebut berasal dari pewarna alami yaitu kunyit. Memiliki cita rasa yang gurih dengan aroma yang khas.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x