Gejala Tuberkulosis dan Cara Penyebaran Infeksi, Lakukan Tindakan Pencegahan agar Tidak Tertular

- 24 Maret 2022, 18:10 WIB
Mengenali gejala tuberkulosis dan cara penyebaran infeksi, lakukan pencegahan dini agar tidak tertular.
Mengenali gejala tuberkulosis dan cara penyebaran infeksi, lakukan pencegahan dini agar tidak tertular. /PEXELS/Towfiqu barbhuiya

BERITA DIY - Kenali gejala tuberkulosis dan cara penyebaran bakteri Mycobacterium tuberculosis penyebab infeksi, lakukan pencegahan dini agar tidak tertular.

Tuberkulosis merupakan salah satu jenis penyakit yang penularannya terjadi sangat cepat. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis.

Umumnya orang yang teriveksi bakteri penyebab tuberkulosis tidak memiliki gejala. Namun terdapat beberapa orang yang akan mengalami gejala ketika terinfeksi.

Baca Juga: Profil dan Biodata Wulan Guritno, Dikabarkan Dekat dengan Sabda Ahessa: Umur, Anak, Karier, dan Akun IG

Gejala yang muncul pada orang yang terinfeksi tuberkulosis biasanya berupa batuk, penurunan berat badan, berkeringat di malam hari, dan demam. Infeksi bakteri penyebab TBC sering mengakibatkan gangguan pada saluran pernapasan.

Tuberkulosis aktif biasanya menyebabkan banyak gejala. Meskipun gejala biasanya berhubungan dengan sistem pernapasan, gejala tersebut dapat memengaruhi bagian tubuh lainnya, tergantung di mana bakteri itu tumbuh.

Tuberkulosis dapat dicegah dan disembuhkan dengan perwatan yang memadai. Bakteri penyebab tuberkulosis dapat dengan mudah menyerang orang yang memiliki daya tahan tubuh yang rendah.

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin 83 Ayat Arab, Latin dan Terjemahan Bahasa Indonesia dan Doa Arwah untuk Tahlilan - Yasinan

Penyakit ini dapat menular dengan cepat melalui udara. Tuberkulosis juga akan mudah menyerang orang yang menderita diabetes, penyakit ginjal stadium akhir, atau kanker.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Healthline


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x