Bacaan Surah Al-Fiil Arab, Latin, dan Artinya: Kisah Pasukan Gajah yang Gagal Hancurkan Kabah

- 20 Maret 2022, 19:15 WIB
ilustrasi - Surah Al-Fiil adalah surah ke 105 dari Al-Quran dan terdiri dari 5 ayat, nama ‘Fiil’ diambil dari ayat pertama dalam surah yang berarti Gajah serta menceritakan kisah yang dikenal umat Islam sebagai Tahun Gajah.
ilustrasi - Surah Al-Fiil adalah surah ke 105 dari Al-Quran dan terdiri dari 5 ayat, nama ‘Fiil’ diambil dari ayat pertama dalam surah yang berarti Gajah serta menceritakan kisah yang dikenal umat Islam sebagai Tahun Gajah. /PIXABAY/@hmzasefaa

BERITA DIY- Berikut merupakan bacaan surah Al-Fiil yang mengisahkan tentang pasukan Gajah yang gagal hancurkan Kabah lengkap dengan arab, latin, dan artinya dalam bahasa Indonesia.

Surah Al-Fiil adalah surah ke 105 dari Al-Quran dan terdiri dari 5 ayat. Nama ‘Fiil’ diambil dari ayat pertama dalam surah yang berarti Gajah serta menceritakan kisah yang dikenal umat Islam sebagai Tahun Gajah.

Surah Al-Fiil merupakan salah satu bukti dari peristiwa ekspansi penghancuran Kabah yang dipimpin oleh Abraham dan pasukannya dengan menunggangi gajah yang disebut dengan kisah ashaabul fiil.

Baca Juga: Surat Yasin Ayat 1-83 Lengkap dengan Bacaan Doa Malam Nisfu Syaban Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan

Abraham merupakan gubernur dari Negeri Yaman yang terletak di selatan Kota Mekkah. Penyerangan tersebut terjadi karena rasa iri Abraham terhadap keramaian kota Mekkah dengan dibangunnya Kabah.

Abraham kemudian mulai menyusun rencana untuk menghancurkan Kabah bersama dengan pasukannya dengan kendaran khusus, yaitu Gajah.

Namun, sebelum tiba di Mekkah, Abdul Muthalib ternyata sudah mendengar kabar tersebut. Lalu bersama dengan tokoh Quraisy lainnya, ia berdoa agar Allah melindungi dan memelihara Kabah dari jahatnya Abraham.

Baca Juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-10 Surat ke 18 Lengkap Arab, Latin, dan Indonesia, Ada Keutamaan Dibaca Malam Jumat

Doa mereka akhirnya dikabulkan oleh Allah SWT dengan mengirimkan burung Ababil. Rombongan burung Ababil kemudian menyerang pasukan Gajah dengan masing-masing membawa baru kecil bernama batu Sijjil menggunakan paruhnya.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x