Niat Puasa Ganti Ramadhan di Bulan Sya'ban: Arab, Latin Dilengkapi Tata Cara Beserta Waktu Pelaksanaan

- 19 Maret 2022, 13:48 WIB
Niat puasa ganti Ramadhan di bulan Sya'ban, Arab, latin dilengkapi tata cara beserta waktu pelaksanaan yang benar dan sah.
Niat puasa ganti Ramadhan di bulan Sya'ban, Arab, latin dilengkapi tata cara beserta waktu pelaksanaan yang benar dan sah. /Pixabay/Mohammed Hasan

BERITA DIY - Simak niat puasa ganti Ramadhan di bulan Sya'ban, Arab, latin dilengkapi tata cara beserta waktu pelaksanaan yang perlu diperhatikan.

Hutang puasa di bulan Ramadhan harus diganti sebelum kembali datang bulan suci Ramadhan selanjutnya. Sya'ban adalah waktu terakhir untuk ganti puasa wajib.

Kurang dari tiga pekan, bulan Ramadhan akan segera tiba. Umat Islam harus mengingat kembali berapa jumlah hutang puasa yang harus diganti.

Baca Juga: Apa Saja Syarat Wajib Puasa Nisfu Syaban: Doa Niat, Manfaat, dan Kapan Puasa Ramadhan 2022?

Seseorang yang sudah memenuhi syarat wajib puasa maka harus melaksanakannya dalam satu bulan penuh. Namun ada beberapa kriteria yang menjadikan seseorang boleh tidak berpuasa.

Menurut Abu Abdillah Muhammad bin Qasim bin Muhammad al Ghazi dalam kitab Fathul Qarib menjelaskan bahwa ada tiga kriteria yang menjadi dasar seseorang yang boleh tidak puasa Ramadhan.

Pertama, orang yang sedang sakit dan khawatir ketika melanjutkan puasa akan menimbulkan dampak negatif seperti bertambah parah, memperlambat kesembuhan.

Baca Juga: Bacaan Doa Saat Lakukan Sahur Untuk Puasa Nisfu Sya'ban, Ramadhan, dan Puasa Qodho'

Kedua, ibu hamil dan menyusui. Keduanya boleh tidak berpuasa sebagai bentuk keringanan syariat namun harus menggantinya di luar Ramadhan.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x