Bacaan Niat Membayar Hutang Ramadhan atau Puasa Qadha dan Penjelasan Kewajiban Mengganti Puasa Wajib

- 14 Maret 2022, 15:30 WIB
Ilustrasi bacaan niat membayar hutang puasa Ramadhan atau puasa Qadha yang wajib diganti untuk umat Islam yang meninggalkan kewajiban puasa.
Ilustrasi bacaan niat membayar hutang puasa Ramadhan atau puasa Qadha yang wajib diganti untuk umat Islam yang meninggalkan kewajiban puasa. /PEXELS/rodnae-prod

BERITA DIY – Sebelum memasuki Bulan Ramadhan yang penuh berkah bagi umat Islam di seluruh dunia, pastikan hutang puasa Ramadhan telah lunas. Bacaan niat untuk membayar hutang Puasa Ramadhan atau puasa qadha akan tersaji dalam artikel ini.

Sebagaimana diketahui, salah satu Rukun Islam yang menjad pilar agama salah satunya adalah ibadah puasa. Puasa terdiri dari puasa wajib dan puasa sunah.

Puasa pada Bulan Ramadhan bersifat wajib. Bagi yang menjalankan akan mendapatkan pahala dan bagi yang meninggalkan akan mendapatkan dosa.

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut, Penyempurna Salat Subuh dalam Mahzab Syafii dan Maliki: lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Meski demikian, terdapat beberapa alasan yang diperbolehkan untuk sementara waktu atau meninggalkan kewajiban puasa di Bulan Ramadhan.

Namun, umat Islam yang meninggalkan puasa Ramadhan wajib membayarkan hutang puasa yang disebut puasa qadha atau menggantinya dengan fidyah untuk umat yang tidak dapat membayarkan hutang puasa.

Untuk membayar hutang puasa, niat membayar tentu harus dibacakan sebelum menjalani ibadah pengganti tersebut dengan harapan dapat diterima oleh Allah SWT dan mendapatkan pahala.

Baca Juga: Bacaan Doa Sujud dalam Salat Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia

Bacaan niat untuk membayar puas Ramadhan atau puasa qadha juga dapat menjadi doa untuk menghindarkan diri dari apa yang tidak dikehendaki atau yang mampu membatalkan puasa.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x