Kisah Peristiwa Perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW hingga Turunnya Perintah Salat Wajib Lima Waktu

- 28 Februari 2022, 05:00 WIB
Ilustrasi langit di malam hari, kisah peristiwa perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW hingga perintah salat lima waktu dari Allah SWT.
Ilustrasi langit di malam hari, kisah peristiwa perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW hingga perintah salat lima waktu dari Allah SWT. /Pixabay/briangarrityphoto

BERITA DIY - Kisah peristiwa Isra Miraj Nabi Muhammad SAW adalah perjalanan Rasulullah atas perintah Allah SWT dari Masjidilharam sampai Masjidilaqsa hingga dinaikkan sampai ke Sidratulmuntaha dalam waktu satu malam hingga turunnya perintah salat wajib lima waktu.

Peristiwa Isra Miraj merupakan momen yang penting bagi umat Islam karena untuk pertama kalinya Allah SWT memerintahkan Nabi Muhammad SAW bersama umatnya menjalankan ibadah wajib lima wkatu yang dilaksanakan hingga saat ini.

Perjalanan Nabi Muhammad SAW terjadi dalam suatu malam yang kemudian dikenal sebagai malam Isra Miraj.

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut, Penyempurna Salat Subuh dalam Mahzab Syafii dan Maliki: lengkap Arab, Latin, dan Artinya

Nabi Muhammad SAW merupakan manusia utusan Allah SWT yang memiliki perintah memimpin umat Islam sekaligus sebagai rasul penutup atau terakhir dari rasul yang ada sebelumnya.

Isra Miraj merupakan dua bagian dari perjalanan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW atau Rasulullah dalam waktu satu malam saja.

Penggambaran peristiwa Isra Miraj dapat dilihat dalam Surah Al-Isra yang merupakan surah ke-17 dari Kitab Suci Al-Qur'an. Dlaam surah tersebut tergambarkan peristiwa Isra Miraj yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Tanggal 27 Rajab 1443 H Tahun 2022 Hari Apa? Ini Jadwal Isra Miraj

Baca Juga: Tata Cara, Doa, dan Bacaan Niat Salat Gerhana Bulan Sebagian yang Terjadi Hari Ini Jumat 19 November 2021

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x