Bacaan Doa Tahlil Usai Yasinan dan Tahlilan dalam Bahasa Arab, Indonesia, dan Artinya

- 17 Maret 2022, 15:27 WIB
Ilustrasi - Bacaan doa tahlil setelah yasinan malam Jumat, lengkap bahasa Arab dan terjemahan bahasa Indonesia.
Ilustrasi - Bacaan doa tahlil setelah yasinan malam Jumat, lengkap bahasa Arab dan terjemahan bahasa Indonesia. /cahiwak/pixabay

BERITA DIY - Berikut bacaan doa tahlil usai yasinan dan tahlilan malam Jumat dalam bahasa Arab dan arti atau terjemahan bahasa Indonesia.

Umat Islam di Indonesia umumnya mengadakan tradisi tahlilan dengan membaca berbagai doa-doa yang dipanjatkan untuk orang yang sudah meninggal.

Meskipun tahlilan tak bersifat wajib, namun pembacaan doa tahlil kepada orang terdekat yang sudah meninggal dunia pada malam Jumat merupakan tradisi Muslim Indonesia untuk meningkatkan kebersamaan dan gotong royong.

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin 83 Ayat Lengkap Bahasa Arab, Latin, Indonesia: Dibaca 3 Kali Saat Malam Nisfu Syaban 2022

Biasanya acara tahlilan dihadiri oleh keluarga atau tetangga terdekat almarhum/almarhumah dan secara bersama-sama memanjatkan doa kepada Allah SWT agar yang mendiang diampuni segala dosa-dosanya.

Di berbagai daerah di Indonesia, tahlilan biasanya dilaksanakan pada malam pertama hingga ketujuh secara berturut-turut setelah seseorang meninggal dunia.

Adapula yang memlanjutkan saat tiba 40 hari, 100 hari, hingga 1.000 hari sesuai dengan keinginan keluarga almarhum/almarhumah.

Baca Juga: Hukum Gabungkan Puasa Nisfu Syaban dan Ayyamul Bidh Berikut Bacaan Niat Bahasa Arab, Latin, dan Indonesia

Adapun susunan bacaan doa tahlil adalah sebagai berikut:

- Surat Al Fatihah

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah