Bacaan Surat Yasin 83 Ayat Arab, Latinnya dan Terjemahan serta Doa Dzikir Atau Arwah saat Tahlilan dan Yasinan

- 17 Maret 2022, 06:37 WIB
Bacaan surat Yasin 83 ayat dalam bahasa Arab, latinnya dan terjemahan Indonesia serta doa dzikir atau arwah saat Tahlilan dan Yasinan.
Bacaan surat Yasin 83 ayat dalam bahasa Arab, latinnya dan terjemahan Indonesia serta doa dzikir atau arwah saat Tahlilan dan Yasinan. / Pixabay.com/@mohamed_hassan

BERITA DIY - Simak bacaan surat Yasin 83 ayat dalam bahasa Arab, latinnya dan terjemahan Indonesia serta doa dzikir atau arwah saat Tahlilan dan Yasinan.

Seperti diketahui, surat Yasin merupakan surat ke-83 dalam Al Quran. Surat Yasin boleh dibaca kapan saja, mulai dari pagi, siang hingga pada malam Jumat.

Dalam hadits riyawat al-Tirmidzi dan al-Darimi, Rasulullah pernah bersabda bahwa Sesungguhnya segala sesuatu memiliki hati, dan sesungguhnya hati Alquran adalah Yasin, barangsiapa yang membacanya seakan ia membaca Alquran sepuluh kali.

Baca Juga: Nisfu Syaban 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa dan Amalan: Sunnah Malam Sholat Berapa Rakaat, Puasa Berapa Hari?

Diyakini manfaat membaca surat Yasin ialah hidup menjadi lebih berkah lantaran mendapat pahala saat membaca ayat suci Al Quran, diharapkan segala urusan duniawi menjadi lancar.

Bagi mayoritas muslim di Indonesia yang bermazhab Syafi'i, membaca Surat Yasin di malam Jumat adalah hal yang sangat dianjurkan. Biasanya aktivitas itu disebut Yasinan.

Yasinan di Indonesia sendiri merupakan aktivitas membaca surat Yasin secara bersama-sama, baik pada malam Jumat atau pada malam lain, di Masjid atau di rumah.

Baca Juga: Malam Nisfu Sya'ban 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa Beserta Tata Cara Amalan Puasa Dilengkapi Bacaan Doa Niat

Berikut adalah bacaan Surat Yasin dalam tulisan Arab dan latin lengkap dengan terjemahan Bahasa Indonesia:

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x