Kronologi Dugaan Kemendag Ada Pihak Jual Minyak Goreng ke Luar Negeri dan Daftar Harga Minyak Goreng 1-2 Liter

- 11 Maret 2022, 19:10 WIB
Kronologi dugaan Kemendag ada penimbun jual minyak goreng ke luar negeri dan daftar harga minyak goreng 1 liter dan 2 liter hari ini, 11 Maret 2022.
Kronologi dugaan Kemendag ada penimbun jual minyak goreng ke luar negeri dan daftar harga minyak goreng 1 liter dan 2 liter hari ini, 11 Maret 2022. /ANTARA/HO-KPPU Kanwil IV Surabaya

BERITA DIY - Simak kronologi dugaan Kemendag ada penimbun jual minyak goreng ke luar negeri dan daftar harga minyak goreng 1 liter dan 2 liter hari ini, 11 Maret 2022.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) menduga ada oknum yang menjual 415 juta liter minyak goreng ke luar negeri.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyatakan jika pihaknya bekerja sama dengan Polri, Satuan tugas (Satgas) pangan dan Kementerian Lembaga (K/L) akan menindak tegas oknum yang menimbun minyak goreng murah.

Baca Juga: Kenapa Minyak Goreng Langka dan Mahal? Di Mana Bisa Dapat Minyak Goreng Murah? Ini Penjelasannya

"Kemendag bersama Satgas pangan dan seluruh kementrian lembaga akan menindak tegas oknum yang menghambat pasokan dan distribusi dengan cara menimbun," ujar Lutfi dalam konfrensi pers virtual di YouTube Kementerian Perdagangan pada Rabu, 8 Maret 2022.

Mendag Muhammad Lutfi menduga ada kebocoran minyak goreng murah hasil DMO (Domestic Market Obligation) pada tingkatan distributor.

Hal ini terjadi karena harga minyak goreng murah dari Indonesia yang diekspor akan mengikuti harga internasional yang relatif lebih tinggi.

Baca Juga: Penjelasan Penyebab Minyak Goreng Langka, Kenapa Harga Minyak Goreng Mahal? Dimana Bisa Dapat Murah?

Dari aporan Kemendag, 415 juta liter minyak goreng murah hasil kebijakan DMO sudah diterapkan sejak 14 Februari 2022. Diklaim, jumlah tersebut disebut sudah bisa memenuhi kebutuhan masyarakat hingga 1,5 bulan ke depan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x