Resep Membuat Onde-onde Kacang Hijau yang Lembut, Kenyal, dan Anti Kempis

- 9 Maret 2022, 19:12 WIB
Onde-onde merupakan jajanan yang banyak dijumpai di Indonesia dan sangat populer di Mojokerto.
Onde-onde merupakan jajanan yang banyak dijumpai di Indonesia dan sangat populer di Mojokerto. /Instagram.com/@ondeonde_gembul

BERITA DIY- Berikut ini adalah resep membuat onde-onde kacang hijau yang lembut, kenyal, dan anti kempis. Kudapan manis ini disebut sebagai simbol rejeki dan kebahagiaan.

Onde-onde merupakan jajanan pasar yang tidak boleh dilewatkan. Bentuk kue onde-onde ini menyerupai bola pingpong, dengan taburan wijen yang merata di permukaannya.

Jika Anda sedang mencari ide jualan, onde-onde merupakan pilihan yang tepat. Sebab, jajanan ini banyak disukai oleh berbagai kalangan. Onde-onde umumnya berisi kacang hijau yang dihaluskan.

Baca Juga: Resep Bubur Mutiara dan Tips Agar Matang Sempurna: Cuma 2 Bahan Jadi Jenang Sagu Enak dan Lembut

Meskipun banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, jajanan lezat ini kabarnya berasal dari Tionghoa. Di negara asalnya, onde-onde memiliki nama yang bermacam-macam, seperti matuan, mayuan, ledeui, dan jen dai. Isiannya cukup berbeda dengan Indonesia, masyarakat Tionghoa biasa menggunakan gula merah.

Untuk Indonesia sendiri, onde-onde sangat populer di daerah Mojokerto, Jawa Timur, dengan isian kacang hijau yang manis. Namun, membuat cemilan ini cukup menantang, sebab untuk mendapatkan kulit yang gurih, kokoh, dan tidak kempis membutuhkan kemampuan memasak yang baik.

Bagi Anda yang baru belajar bisa mencoba resep yang cukup mudah dibawah ini. Simak selengkapnya.

Baca Juga: Resep Wedang Angsle, Hidangan Penutup Tradisional Indonesia yang Nikmat, Hangat, dan Sehat

Bahan-bahan

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x