Resep dan Cara Membuat Wedang Uwuh, Minuman Tradisional Khas Imogiri Yogyakarta yang penuh Khasiat

- 4 Maret 2022, 20:07 WIB
 Ilustrasi - Resep dan cara membuat Wedang Uwuh, minuman tradisional khas kota Imogiri, Yogyakarta yang penuh dengan khasiat.
Ilustrasi - Resep dan cara membuat Wedang Uwuh, minuman tradisional khas kota Imogiri, Yogyakarta yang penuh dengan khasiat. /Tangkapan layar youtube.com/Domo Bramantyo

BERITA DIY – Simak berikut ini resep dan cara membuat Wedang Uwuh, minuman tradisional khas kota Imogiri, Yogyakarta yang penuh dengan khasiat.

Wedang Uwuh merupakan minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan rempah. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman yang diseduh, sedangkan uwuh berarti sampah.

Minuman ini disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Kue Cucur dengan Gula Merah Lembut, Legit, dan Berserat

Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Wedang uwuh ini adalah minuman khas dari Yogyakarta.

Pada awalnya wedang uwuh masih dalam bentuk bahan utuh berupa rempah-rempah asli, tetapi seiring perkembangan zaman dan kebutuhan akan kepraktisan.

Saat ini Wedang Uwuh sudah dikembangkan menjadi dalam bentuk instan, maupun bentuk celup.

Baca Juga: Resep Ikan Pindang Kukus Masak Bumbu Kuning, Rasa Enak Mengandung Banyak Protein

Wedang Uwuh merupakan minuman tradisional khas kota Imogiri, Yogyakarta. Selain jahe, ditambahkan pula kayu secang, cengkeh, kayu manis, pala, serai, kapulaga, dan gula batu atau gula pasir.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x