Resep dan Cara Membuat Kue Lumpur Kentang yang Mudah dan Legit

- 3 Maret 2022, 11:33 WIB
Kue lumpur memiliki bahan utama kentang, tepung terigu, telur dan santan. Untuk menambah aroma orang-orang sering menambakan vanila.
Kue lumpur memiliki bahan utama kentang, tepung terigu, telur dan santan. Untuk menambah aroma orang-orang sering menambakan vanila. /Instagram.com/@kuelumpur.mojokerto

BERITA DIY - Kue lumpur merupakan makanan tradisional yang banyak ditemui di Indonesia. Kabarnya, kue lumpur merupakan makanan khas dari Betawi yang memiliki tekstur lembut dan halus.

Kue Lumpur pertama kali perkenalkan oleh orang Portugis saat menjajah Indonesia. Kue Lumpur terinspirasi oleh kue orang Portugis yang bernama Pasteis de Nata. Kue tersebut terbuat dari custard yang merupakan campuran susu dan kuning telur.

Kue lumpur memiliki bahan utama kentang, tepung terigu, telur dan santan. Untuk menambah aroma orang-orang sering menambakan vanila dan diberikan hiasan kismis pada bagian atas kue. Kue lumpur tergolong kue yang basah sehingga tidak tahan lama.

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Sop Kambing Kuah Bening, Empuk, dan Enak Bisa Dicoba di Rumah

Kue lumpur sangat mudah ditemukan, khususnya di Pulau Jawa. Menariknya lagi, di Kota Sidoarjo, ada salah satu varian kue lumpur yang sangat unik, yaitu kue lumpur bakar. Kue lumpur di Sidoarjo lebih khas karena cara memasaknya menggunakan arang.

Ada yang mengatakan bahwa kue ini disebut kue lumpur karena teksturnya yang licin dan lembut seperti lumpur. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa nama “Lumpur” dipakai karena adonan kue ini yang lembek dan lembut dengan sedikit serutan kelapa, sehingga mirip dengan lumpur.

Berikut ini adalah resep dan cara membuat kue lumpur kentang mudah, legit, dan anti gagal.

Baca Juga: Resep Seblak Kuah Pedas ala Bandung, Makanan yang Enak Dimakan Waktu Hujan Lengkap dengan Cara Masaknya 

Bahan:

• 6 butir kuning telur
• 3 butir putih telur
• 200 gram gula pasir Bahan
• 180 gram terigu
• 400 gram kentang kukus yang dihaluskan
• 500 cc santan kental yang sudah dimasak
• 1 ½ sendok makan mentega dicairkan Bahan
• Daging kelapa muda secukupnya
• Kismis secukupnya

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x