Resep dan Cara Membuat Fish Cake atau Eomuk Populer di Korea Selatan yang Halal

- 26 Februari 2022, 17:00 WIB
Fish cake merupakan makanan cepat saji yang sangat populer di Korea Selatan tepatnya kota Busan, dan dikenal dengan nama eomuk.
Fish cake merupakan makanan cepat saji yang sangat populer di Korea Selatan tepatnya kota Busan, dan dikenal dengan nama eomuk. /pixabay.com/yujalatte

BERITA DIY - Berikut adalah resep dan cara membuat fish cake atau yang biasa disebut eomuk dari Korea Selatan, bisa anda praktikkan di rumah, selain hemat juga dijamin halal.

Fish cake atau dikenal dengan eomuk merupakan salah satu makanan cepat saji yang sangat populer di Korea Selatan, tepatnya di kota Busan.

Eomuk ini terbuat dari ikan yang dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung terigu dan bumbu lain sehingga lebih kaya akan rasa. Lalu adonan tersebut di bentuk dan direbus dengan kaldu sayuran yang sudah dibumbui dengan teri.

Eomuk juga memiliki bentuk yang cukup beragam, ada yang bentuknya lonjong mirip sosis, ada yang berbentuk bulat, ada juga yang berbentuk lembaran kemudian dilipat.

Baca Juga: Resep Creme Brulee Dessert Manis dan Lembut Khas Prancis yang Bisa Jadi Ide Jualan Kekinian

Pada awalnya, tepatnya pada tahun 1719 ada sebuah hidangan bernama saengseon sukpyeon yang dipercaya sebagai awal mula eomuk atau fish cake ini ditemukan.

Saat masa penjajahan Jepang di Korea, banyak orang Jepang yang menetap di daerah Busan, Mokpo, dan wilayah Laut Cina Selatan.

Banyak yang membangun pabrik yang memproduksi fish cake ini dan digemari oleh orang jepang. Setelah Korea merdeka pada tahun 1948, pabrik-pabrik tersebut tetap memproduksi eomuk sampai eomuk menjadi makanan terkenal di Busan.

Berikut resep dan cara membuat eomuk atau fish cake di rumah yang halal.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x