Mengenal Chernobyl Tragedi Ledakan Reaktor Atom Ukraina, Berikut Penyebab dan Efek jika Terkena Radiasi Nuklir

- 26 Februari 2022, 10:15 WIB
ILUSTRASI - Chernobyl tragedi ledakan reaktor nuklir terburuk pada tanggal 26 April 1986 ada di mana, kapan, penyebab utama, dan berapa lama efek radiasi akan hilang jika terkena.
ILUSTRASI - Chernobyl tragedi ledakan reaktor nuklir terburuk pada tanggal 26 April 1986 ada di mana, kapan, penyebab utama, dan berapa lama efek radiasi akan hilang jika terkena. /Unsplash/Ilja Nedilko

BERITA DIY - Simak tragedi Chernobyl peristiwa ledakan reaktor nuklir yang menjadi sorotan dunia, berikut penyebab dan efek dari radiasi.

Peristiwa Chernobyl merupakan kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir yang terjadi di negara pecahan Uni Soviet, Ukraina.

Tragedi Chernobyl terjadi pada tanggal 26 April 1986 dan menjadi bencana ledakan reaktor nuklir terburuk dalam sejarah.

Baca Juga: Apa itu Chernobyl yang Diambil Alih Pasukan Rusia, Salah Satu Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Ukraina?

Kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir ini terjadi akibat reaktor nuklir nomor empat meledak dan mengakibatkan isotop radioaktif tersebar.

Radioaktif Chernobyl tersebar dengan sangat luas ke atmosfer di seluruh kawasan benua Eropa dan Uni Soviet bagian barat.

Penyebab utama ledakan reaktor nuklir Chernobyl adalah kelalaian manusia, bencana ini diawali ketika sedang melakukan uji sistem reaktor yang terletak di Pripyat.

Baca Juga: 5 Dampak Perang Rusia – Ukraina Terhadap Indonesia, Harga BBM Melonjak hingga Gejolak di Pasar Saham

Pada saat pengujian sistem, secara tiba-tiba terjadi lonjakan energi yang tak terduga yang mengakibatkan tangki reaktor pecah.

Tak lama berselang serangkaian ledakan uap dan melepaskan zat yang terkadung di dalamnya sehingga menimbulkan kebakaran.

Kebakaran yang terjadi selama seminggu ini juga melepaskan partikel-partikel radioaktif ke langit kota Pripyat dan negara Eropa lainnya.

Baca Juga: Perbandingan Kekuatan Senjata Rusia dan Ukraina? Berikut Jumlah Pasukan, Senjata, serta Pesawat Tempur

Bencana ini mengakibatkan 350 ribu warga sekitar harus menjauh sejauh radius 10 hingga 30 kilometer dari pusat ledakan Chernobyl.

Berikut adalah efek yang ditimbulkan apabila terkena radiasi nuklir dikutip atomicarchive.com berdasarkan dosis terserap.

Efek Dosis

a. 5-20, Kemungkinan efek akhir, kemungkinan kerusakan kromosom.

b. 20-100, Pengurangan sementara sel darah putih.

c. 100-200, Penyakit radiasi ringan dalam beberapa jam seperti muntah, diare, kelelahan dan pengurangan resistensi terhadap infeksi.

d. 200-300, Efek penyakit radiasi serius seperti pada 100-200 rem dan perdarahan.

e. 300-400 Penyakit radiasi serius dan juga kerusakan sumsum dan usus.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah