8 Efek Samping Konsumsi Diet Soda Secara Terus-menerus, Dapat Akibatkan Tulang Keropos

- 6 Februari 2022, 11:38 WIB
Ilustrasi diet soda, mengonsumsi diet soda terus-menerus dapat berakibat buruk pada kesehatan, seperti mengeroposnya tulang.
Ilustrasi diet soda, mengonsumsi diet soda terus-menerus dapat berakibat buruk pada kesehatan, seperti mengeroposnya tulang. /PIXABAY/Aviavlad

BERITA DIY – Diet soda sering kali dijadikan pelarian oleh orang-orang untuk mengurangi berat badan. Hal ini karena diet soda bebas kalori, karbohidrat, dan juga tidak ada kandungan gula.

Sayangnya, diet soda ini juga membawa efek samping berbahaya apabila dikonsumsi secara terus-menerus dan lebih dari takaran yang diperbolehkan.

Dibawah ini adalah 8 efek samping konsumsi diet soda secara terus-menerus seperti yang dikutip Berita DIY dari Healthline.com.

Baca Juga: Gejala dan Cara Mencegah Diabetes di Usia Muda, Ketahui Manfaat Besar Olahraga bagi Kesehatan

  • Dapat mengakibatkan adanya masalah pencernaan

Beberapa penelitian memberikan hasil berupa pemanis buatan yang ada di diet soda dapat berakibat buruk pada bakteri baik yang ada di sistem pencernaan.

Padahal, bakteri baik di pencernaan memiliki peran penting bagi kesehatan, seperti fungsi imun, penyerapan nutrisi, dan lainnya.

Sebuah studi pada tujuh orang menemukan hasil bahwa saccharin, pemanis buatan yang terdapat pada diet soda dapat mempengaruhi gula darah dan mengakibat ketidakseimbangan pada bakteri pencernaan.

  • Mengikis enamel gigi

Meski diet soda tidak memiliki kandungan soda seperti soda biasa, tetap saja soda memiliki sifat asam dan dapat mempengaruhi gigi jika diminum sehari-hari.

Hasil penelitian juga mengamini bahwa sifat soda yang asam, baik soda biasa maupun diet soda dapat mempengaruhi enamel gigi, kesehatan gigi, dan kebiasaan makanan yang tidak baik.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x