Profil Ida Cokorda Pemecutan XI yang Telah Tutup Usia: Nama Asli, Karier, Partai Politik, Sakit Apa?

- 22 Januari 2022, 15:50 WIB
Upacara Ngaben Ida Cokorda Pemecutan XI pada Jumat, 21 Januari 2022.
Upacara Ngaben Ida Cokorda Pemecutan XI pada Jumat, 21 Januari 2022. /Nyoman Hendra Wibowo/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Simak profil Ida Cokorda Pemecutan XI yang telah tutup usia pada Rabu, 22 Desember 2021 pukul 06:00 WIB, lengkap dengan nama asli, karier, partai politik, hingga sakit yang dideritanya.

Ida Cokorda Pemecutan XI telah meninggal dunia bulan lalu, Namun prosesi upacara Ngaben dilaksanakan pada hari Jumat, 21 Januari 2022 di Puri Pemecutan.

Adapun prosesi pelaksanaan Pelebon Ida Cokorda Pemecutan XI dilaksanakan seharian mulai pukul 03:00 WITA, hingga akhirnya, pukul 18:00 WITA abu dilarung di Pantai Kuta, Badung, Bali.

Baca Juga: Profil Happy Salma Bintang Film Before, Now and Then atau Nana yang Masuk Berlin International Film Festival

Nama Ida Cokorda Pemecutan XI memang tak asing lagi tak hanya di Provinsi Bali, sebab ia pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPRI RI) pada tahun 1992-1997.

Ida Cokorda Pemecutan XI lahir pada tanggal 17 April 1945 hingga meninggal dunia Desember 2021 lalu. Dengan demikian, pria yang memiliki nama asli Anak Agung Ngurah Manik Parasara ini menghembuskan napas terakhir saat usianya menginjak 76 tahun.

Dia meninggalkan istri, Anak Agung Suryaningsih yang dinikahinya pada tahun 1975 dan satu orang anak laki-laki beserta tiga orang anak perempuan.

Baca Juga: Profil dan Biodata Emak Gila, Youtuber Konten Otomotif: Pernah Bakar Motor

Ida Cokorda lalu diangkat menjadi Raja Pemecutan XI pada tahun 1989, tiga tahun setelah ayahnda, Ida Cokorda Ngurah Gde Pemecutan X meninggal dunia pada tahun 1986.

Berlanjut ke partai politik, Ida Cokorda adalah anggota fraksi Partai Golkar. Bahkan, ia merupakan salah satu pendiri Golkar di Bali. Berkat namanya yang dikenal sebagai Bapak Pendiri Golkar ini, ia sukses melaju di dunia politik.

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x