Benarkah Setelah Vaksin Covid-19 Muncul Efek Nocebo? Simak Pengertian dan Apa Penyebabnya

- 21 Januari 2022, 14:00 WIB
Ilustrasi - benarkah setelah vaksin Covid-19 muncul efek Nocebo? ketahui pengertian dan apa penyebab efek samping vaksin Covid-19.
Ilustrasi - benarkah setelah vaksin Covid-19 muncul efek Nocebo? ketahui pengertian dan apa penyebab efek samping vaksin Covid-19. /Pixabay/geralt

BERITA DIY - Benarkah setelah melakukan vaksin Covid-19 muncul efek Nocebo? berikut pengertian dan apa penyebab efek samping vaksin Covid-19.

Pemberian vaksin Covid-19 menjadi salah satu ampuh yang terus dilakukan di seluruh dunia sebagai antisipasi dan pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Belakangan dilaporkan sejumlah orang yang baru saja menrerima suntikan vaksin Covid-19 mengalami efek samping pasca vaksin seperti kelelahan, pusing, bengkak di bagian yang disuntik hingga pusing.

Baca Juga: Apa Itu Nocebo? Diduga Efek Samping Vaksin Covid-19, Benarkah karena Sugesti? Ini Penjelasannya

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) melaporkan 77 persen dari penerima vaksin Pfizer, Moderna, atau Johnson & Johnson mengalami kejala seperti sakit kepala, demam, kelelahan hingga nyeri otot.

Namun penelitian yang dilakukan oleh sejumlah ilmuwan di Harvard University mengungkapkan efek samping setelah vaksin Covid-19 bisa saja disebabkan karena efek Nocebo.

Lantas apa itu Nacebo? Dikutip dari berbagai sumber, Nocebo adalah suatu keadaan ketika substansi yang sebenarnya tak menyebabkan rasa sakit membuat seseorang mengalami rasa sakit akibat kepercayaan atau persepsi.

Baca Juga: Efek Samping 6 Vaksin Booster dan Cara Mengatasinya: Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Zivifax, CoronaVac, Sinovac

Berdasarkan keterangan tersebut, seseorang yang menerima suntikan vaksin Covid-19 mengalami efek samping dikarenakan kondisi pola pikir atau sugesti yang dimilikinya.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x