Efek Samping 6 Vaksin Booster dan Cara Mengatasinya: Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Zivifax, CoronaVac, Sinovac

- 16 Januari 2022, 18:15 WIB
Ilustrasi enam jenis vaksin booster atau dosis ketiga yang direkomendasikan oleh BPOM di Indonesia.
Ilustrasi enam jenis vaksin booster atau dosis ketiga yang direkomendasikan oleh BPOM di Indonesia. /pixebay/Wilfried Pohnke /

BERUTA DIY - Simak efek samping enam vaksin booster yang telah direkomendasikan oleh BPOM, di antaranya Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Zivifax, Sinovac, dan CoronaVac.

Pemerintah resmi memulai kegiatan vaksin booster atau dosis ketiga per 12 Januari 2022 secara gratis. Meski kemungkinan ada efek samoung ringan yang mungkin dirasakan, namun masyarakat bisa mengatasinya.

BPOM beberapa waktu lalu telah melegalkan lima vaksin untuk menjadi booster yaitu Pfizer, Moderna, AstraZeneca, Zifivax, Coronavac, dan disusul oleh Sinovac. Masing-masing jenis bisa diberikan heterolog, homolog, maupun keduanya.

Baca Juga: Resmi! Vaksin Booster Gratis Kata Presiden Jokowi: Jadwal, Syarat, Jenis, dan Cara Dapat Dosis Ketiga

Adapun syarat bagi warga yang ingin mendapat suntikkan ketiga adalah harus berusia 18 tahun ke atas dan telah divaksin dosis kedua minimal enam bulan. 

Lebih lanjut, pemerintah mengutamakan vaksin booster untuk Provinsi yang telah mencapai target vaksinasi 70 persen dosis pertama dan 60 persen dosis kedua.

Tujuan pemerintah yang tetap memberikan vaksin dosis ketiga secara gratis adalah melindungi masyarakat Indonesia terhadap virus corona serta mutasi yang semakin berkembang belakangan ini.

Lantas, adakah efek samping yang ditimbulkan? Simak efek samping enam vaksin booster dikutip dari berbagai macam sumber.

Baca Juga: Cara Menambah Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi, Cek di Aplikasi Resmi atau Laman Pedulilindungi.id

1. Pfizer

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x