Cara Cek Jarak Waktu Vaksin Kedua dan Ketiga

- 14 Januari 2022, 21:10 WIB
Cara cek jarak antara vaksin dosis kedua dan dosis ketiga.
Cara cek jarak antara vaksin dosis kedua dan dosis ketiga. /ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

BERITA DIY - Begini cara mengetahui jarak waktu penyuntikan vaksin kedua dan ketiga. Berikut cara cek selengkapnya.

Indonesia kini telah memulai penyuntikan vaksinasi dosis ketiga atau disebut juga sebagai booster.

Fungsinya untuk memperkuat perlindungan tubuh mengingat mutasi dari virus corona SARS-CoV-2 kini semakin ganas terutama sejak kemunculan varian baru Omicron.

Baca Juga: Jadwal Vaksin Booster Dosis 3 Gratis Sudah Bisa Dicek Lewat Aplikasi PeduliLindungi, Begini Cara Cek

Namun sebelum dilakukan suntikan vaksin booster, seseorang harus terlebih dulu menyelesaikan vaksin dosis kedua dan telah memastikan jangka waktu yang tepat untuk suntikan dosis ketiga.

Suntikan vaksin kedua dilakukan supaya kekebalan tubuh dapat bekerja secara optimal dalam melawan paparan virus corona SARS-CoV-2.

Dosis kedua ini biasanya disuntikan tiga minggu setelah mendapat suntikan dosis pertama. Untuk itu, masyarakat yang telah mendapat suntikan dosis pertama diharap mempersiapkan diri supaya tidak terjadi keterlambatan waktu penyuntikan.

Nantinya, tubuh yang sudah mendapatkan suntikan vaksinasi kedua akan lebih kebal dan melindungi seseorang yang terinfeksi Covid-19 dari timbulnya gejala berat dan risiko kematian.

Jarak waktu atau jeda pemberian vaksin Covid-19 dosis pertama dan kedua bervariasi, tergantung pada jenisnya. Berikut di antaranya:

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x