Apa Itu Nocebo? Diduga Efek Samping Vaksin Covid-19, Benarkah karena Sugesti? Ini Penjelasannya

- 21 Januari 2022, 13:18 WIB
Kenali Nocebo disebut efek samping vaksin Covid-19, lengkap dengan penyebab, dampak, serta solusi.
Kenali Nocebo disebut efek samping vaksin Covid-19, lengkap dengan penyebab, dampak, serta solusi. /ANTARA/Adiwinata Solihin

BERITA DIY - Kenali apa itu sebenarnya Nocebo yang disebut sebagai efek samping dari Covid-19, apakah benar atau hanya berdasar sugesti? Inilah penjelasan lengkapnya.

Penemuan terbaru mengenai efek samping vaksin Covid-19 menemui babak baru, hal ini setelah ditemukan dugaan bahwa munculnya beberapa hal setelah melakukan vaksinasi adalah dampak dari Nocebo.

Prentase yang ditemukan mengenai adanya dampak dari Nocebo yang melatarbelakangi terjadinya gejala efek samping Covid-19 ini sendiri juga terhitung cukup besar yaitu mencapai lebih dari 50 persen.

Baca Juga: Apa Itu Parosmia? Termasuk Gejala Covid dan Cara Antisipasi hingga Tak Berbahaya

Munculnya Nocebo yang diduga kuat menjadi penyebab adanya latar belakang efek samping dari seseorang yang telah melakukan vaksin Covid-19 ini sendiri sebelumnya telah dikemukakan oleh lembaga penelitian dari Amerika Serikat.

Sehingga dengan ditemukan adanya dampak dari Nocebo yang diduga kuat melatar belakangi efek samping dari vaksin Covid-19 ini membuat belum atau tidak ditemukannya efek samping lain dari program vaksinasi.

Lantas apa sebenarnya Nocebo tersebut? Apakah sebuah penyakit atau hanya sebuah sugesti dari yang menderitanya? Simak penjelasan lengkapnya.

Baca Juga: Apa Itu Anosmia dan Parosmia, Apakah Termasuk Gejala Awal Covid-19

Meskipun baru saja menjadi viral dan dikenal oleh masyarakat, namun Nocebo sendiri merupakan suatu istilah yang sebenarnya telah lama muncul khususnya dalam kalangan yang bergerak di bidang kesehatan.

Dalam Nocebo ini sendiri memiliki dampak atau akibat yang ditimbulkan dan cukup berbahaya bagi seseorang yang mengalaminya, sebab akan muncul berbagai penyakit tertentu yang akan menyertainya.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x