Apa Itu Gempa Megathrust? Menurut BMKG dan Wikipedia, Apa Terjadi Kemarin di Banten?

- 15 Januari 2022, 15:24 WIB
Mengenal penjelasan apa itu Megathrust dan hubungan dengan Gempa 6,7 SR di Banten.
Mengenal penjelasan apa itu Megathrust dan hubungan dengan Gempa 6,7 SR di Banten. /Tangkap Layar: bmkg.go.id

BERITA DIY - Kenali apa itu Gempa Megathrust lengkap menurut Wikipedia dan BMKG, serta penjelasan apakah Gempa yang terjadi di Banten kemarin masuk di dalamnya.

Peristiwa alam yang terjadi yaitu Gempa Bumi yang diketahui berpusat pada Banten kemarin atau tepatnya pada Jumat 14 Januari 2022 sempat menimbulkan kepanikan dan bermacam pertanyaan dari publik.

Gempa Bumi yang melanda Banten, Jakarta, bahkan hingga Lampung itu sendiri sebelumnya diketahui memiliki kekuatan yang cukup besar. Dari rilis BMKG getaran yang terasa mencapai magnitudo 6,7 SR.

Baca Juga: Trending 7.01 LS di Twitter, Apa Gempa Bumi 6,7 Magnitudo Jakarta dan Banten Berpotensi Tsunami?

Dengan kemunculan Gempa Bumi yang berpusat di Banten itu pun kemudian memunculkan pertanyaan dari masyarakat mengenai apakah peristiwa alam tersebut berkaitan dengan adanya informasi mengenai Megathrust.

Mengingat belakangan ini fenomena Megathrust memang kerap sekali mengisi perbincangan dan dikaikan mengenai isu akan terjadinya Gempa Bumi dengan kekuatan yang besar di kawasan laut selatan Jawa.

Sebelum beranjak untuk mengetahui apakah Gempa Bumi dengan magnitudo yang besar yang terjadi di Banten itu termasuk dalam Megathrust atau tidak, Anda dapat mengetahui penjelasan lengkapnya terlebih dahulu.

Baca Juga: Tanda-tanda Terjadinya Gempa Bumi, Jangan Sepelekan!

Istilah Gempa Megathrust ini sendiri sebelumnya baru banyak diperbincangkan oleh kalangan masyarakat, kurang lebih sedari tahun 2018 yang lalu mulai banyak yang memperhatikan mengenai hal ini.

Sedangkan definisi yang berhasil dikutip dari beberapa sumber menurut BMKG sendiri Megathrust ini bukanlah suatu peristiwa seperti yang banyak diisukan yaitu tsunami besar yang akan terjadi.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x