Tanda-tanda Terjadinya Gempa Bumi, Jangan Sepelekan!

- 14 Januari 2022, 18:30 WIB
Ilustrasi. Pertanda terjadinya gempa bumi.
Ilustrasi. Pertanda terjadinya gempa bumi. /PIXABAY/Tumisu

BERITA DIY – Jangan sepelekan, berikut tanda-tanda terjadinya gempa serta hal yang harus dilakukan saat dan setelah terjadinya gempa.

Indonesia merupakan negara yang rawan terjadi gempa. Hal ini karena Indonesia merupakan titik pertemuan lempeng Pasifik, Eurasia, dan lempeng Indo Australia, pergeseran lempeng tersebutlah yang menyebabkan gempa bumi.

Oleh karena hal itu pula, sebagai warga negara Indonesia, kita semua harus mengetahui beberapa pertanda terjadinya gempa serta hal-hal apa saja yang harus dilakukan saat terjadinya gempa dan setelah terjadinya gempa.

Baca Juga: Info Terkini BMKG soal Gempa M 6,7 Banten: Pusat Gempa, Penyebab, Daftar Daerah yang Merasakan Gempa

Gempa sendiri merupakan peristiwa alam terjadi getaran tanah yang disebabkan oleh pergerakan permukaan bumi. Gempa bumi dibagi menjadi dua jenis yaitu gempa bumi vulkanik dan gempa bumi tektonik, kedua jenis gempa ini berdasarkan dari sumber getaran.

Gempa bumi vulkanik adalah getaran kuat akibat kegitan gunung berapi. Sedangkan gempa tektonik adalah getaran kuat yang diakibatkan oleh patahan bumi karena pergeseran lempeng bumi.

Berikut pertnada terjadinya gempa yang tidak boleh disepelekan, dikutip BERITA DIY dari laman BPBD Kabupaten Buleleng, selengkapnya.

Baca Juga: Badai Panik Tsunami Melanda Warga Daerah Ini Usai Gempa Bumi Banten Terasa di Jakarta: Sekarang Kumpul di Luar

1. Terbentuknya awan yang bentuknya berdiri seperti angin tornado/pohon/batang.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: BPBD Kabupaten Buleleng BPBD Kabupaten Cianjur


Tags

Artikel Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network