Apa Itu Vaksin Booster yang Bakal Dimulai 12 Januari 2022? Berapa Harganya dan Apa Syarat Untuk Mendapatkanya

- 5 Januari 2022, 20:10 WIB
Ilustrasi - Info vaksinasi booster yang akan dilakukan mulai 12 Januari 2022.
Ilustrasi - Info vaksinasi booster yang akan dilakukan mulai 12 Januari 2022. /Unsplash.com/National Cancer Institute

BERITA DIY - Baru-baru ini pemerintah mengumumkan adanya pemberian vaksi dosis ketiga atau booster. Apa itu vaksin booster yang bakal dimulai 12 Januari 2022 mendatang? Berikut harga dan syarat untuk mendapatkanya.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) resmi merilis Surat Edaran Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor: HK.02.01/1/1919/2021 tentang Vaksinasi Dosis Ketiga Bagi Seluruh Tenaga Kesehatan, Asisten Tenaga Kesehatan, dan Tenaga Penunjang yang Bekerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.

Mengacu pada SK tersebut masyarakat yang telah menyelesaikan vaksinasi dosis kedua yang bekerja dibidang kesehatan atau penunjang tenaga kesehatan dianjurkan untuk melakukan booster atau vaksinasi dosis ketiga yang dimulai pekan depat.

Baca Juga: Syarat Vaksin Booster Mulai 12 Januari 2022: Usia, Provinsi Mana Saja, Jenis Vaksin, dan Kuota Bulan Ini

Dilansir dari laman Kemenkes, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmidzi, mengatakan jika pemerintah menetapkan penggunaan vaksin Moderna sebagai vaksin yang akan digunakan sebagai booster.

Vaksin Moderna yang akan dipakai sebagai vaksin booster merupakan jenis MRNA-1273 yang penyuntikkannya dilakukan secara intramuskular dengan dosis 0,5 ml sebanyak satu dosis.

Adapun sejumlah tenaga kesehatan maupun tenaga penunjang kesehatan yang akan diberikan vaksin booster diprediksi berjumlah 1,5 juta orang yang tersebar dari seluruh penjuru Tanah Air.

“Kami memohon agar publik dapat menahan diri untuk tidak memaksakan kepada vaksinator untuk mendapatkan vaksin ketiga. Masih banyak saudara-saudara kita yang belum mendapatkan vakssin. Mohon untuk tidak memaksakan kehendak,” ujar dr. Nadia

Lantas, apa itu vaksin booster?

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x