Daftar 34 Provinsi Paling Bahagia di Indonesia Menurut BPS: Maluku Utara Nomor 1, Mana yang Terendah?

- 4 Januari 2022, 17:41 WIB
Simak daftar urutan 34 Provinsi paling bahagia di Indonesia tahun 2021 versi BPS.
Simak daftar urutan 34 Provinsi paling bahagia di Indonesia tahun 2021 versi BPS. /Tangkapan layar: bps.go.id

BERITA DIY - Simak daftar urutan 34 Provinsi paling bahagia di Indonesia tahun 2021. Berdasarkan 'Indeks Kebahagiaan 2021' yang dikeluarkan oleh BPS, Provinsi Maluku Utara berada di nomor 1.

BPS mengurutkan 34 Provinsi paling bahagia di indonesia sepanjang tahun 2021 melalui dokumen 'Indeks Kebahagiaan 2021' yang dirilis Desember tahun lalu.

Lebih lanjut, BPS juga menjelaskan indikator yang membuat penduduk suatu Provinsi dinyatakan bahagia atau tidak. Sehingga menghasilkan wilayah mana yang memiliki angka kebahagiaan paling tinggi dan terendah.

Baca Juga: Gaji UMR Cukup Hidup di Jakarta? Simak Daftar UMP 2022 Jabodetabek Selengkapnya

Adapun besaran kontribusi indikator terhadap indeks kebahagiaan tahun 2021 diukur dari dimensi kepuasan hidup yang terdiri dari kepuasan hidup personal dan kepuasan hidup sosial, beserta dimensi perasaan dan makna hidup.

Pada indeks kepuasan hidup personal, indikator kepuasan terhadap pendapatan rumah tangga memiliki kontribusi yang paling besar. Sisi lain, kepuasan hidup sosial disumbang paling banyak oleh indikator kepuasan terhadap hubungan sosial.

Secara keseluruhan, indeks kebahagiaan meningkat 0,80 poin di indonesia dibandingkan survey tahun 2017. Tiga Provinsi yang mengalami peningkatan kebahagiaan paling besar adalah Jambi, Sulawesi Barat, dan Kalimantan Barat.

Baca Juga: Update Daftar Lengkap UMP 2022: Berikut Provinsi dengan Upah Minimum Tertinggi dan Terendah

Sisi lain, ada 10 Provinsi yang mengalami kemerosotan angka kebahagiaan: Aceh, Riau, Sumatera Selatan, Bengkulu, DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Timur.

Berikut ini daftar urutan 34 Provinsi paling bahagia di Indonesia tahun 2021 versi BPS:

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x