Apa yang Dimaksud Uswatun Hasanah? Ini Artinya dan Penjelasan Dalil Islam Serta Hikmah

- 25 Desember 2021, 13:44 WIB
Ilustrasi - Arti uswatun hasanah? Penjelasan dalil dalam Islam serta hikmah yang terkandung di dalamnya.
Ilustrasi - Arti uswatun hasanah? Penjelasan dalil dalam Islam serta hikmah yang terkandung di dalamnya. /PIXABAY/freebiespic

BERITA DIY - Apa sih yang dimaksud uswatun hasanah? Berikut artinya dan penjelasan dalil dalam Islam serta hikmah yang terkandung di dalamnya.

Nabi Muhammad SAW yang terhindar dari sifat tercela dan menjadi manusia pilihan Allah SWT menjadi uswatun hasanah.

Adapun kemuliaan akhlak Nabi Muhammad SAW sebagai uswatun hasanah bagi umat muslim ditegaskan dalam surat Al Ahzab ayat 21 yang berbunyi:

Baca Juga: Bacaan Doa Tahlil Yasin Singkat dalam Tahlilan Doa Arwah Lengkap Arab dan Latin serta Artinya

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya: "Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah." (QS. Al Ahzab: 21).

Arti uswatun hasanah

Mengutip 'Uswah Hasanah dalam Dakwah Nabi Ibrahim: Analisis deskriptif dalam Tafsir Ibn Katsir dan Al-Maraghi' karya Muhammad Fahmi Siddiq, uswah hasanah berasal dari dua kata. Yakni uswah dan hasuna.

Untuk uswah yang berarti teladan. Sementara hasuna atau yahsunu, husnan wa hasanatan, yang berarti sesuatu yang baik, pantas, dan kebaikan.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x