Tata Cara Membaca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun: Bacaan Arab, Latin, Indonesia hingga Dibaca pada Waktu?

- 21 Desember 2021, 11:51 WIB
Ilustrasi - tata cara membaca doa akhir tahun dan awal tahun lengkap Arab, latin dan bahasa Indonesia serta Kapan waktu yang baik untuk berdoa bacaan sunnah ini.
Ilustrasi - tata cara membaca doa akhir tahun dan awal tahun lengkap Arab, latin dan bahasa Indonesia serta Kapan waktu yang baik untuk berdoa bacaan sunnah ini. /UNSPLASH/masjidmpd

BERITA DIY - Berikut tata cara membaca doa akhir tahun dan awal tahun lengkap Arab, latin dan bahasa Indonesia serta Kapan waktu yang baik untuk berdoa bacaan sunnah ini.

Menyambut awal tahun 2022 Masehi, biasanya manusia ingin menatap hari depan yang lebih baik, Nabi Muhammad SAW punya amalan sunnah yakni membaca doa akhir tahun.

Meski, Nabi Muhammad SAW kerap mengamalkan membaca doa akhir tahun dan doa tahun baru Hijriah, bukan Masehi.

Baca Juga: Bacaan Doa Mohon Perlindungan dan Keselamatan Keluarga dari Bencana hingga Gunung Meletus

Tak ada kata untuk terlambat dalam mengamalkan sunna Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, kamu masih bisa baca doa akhir tahun dan awal tahun.

Dilansir dari laman Majelis Ulama Indonesia (MUI), doa akhir tahun paling baik dibaca usai salat Ashar jelang Maghrib.

Sementara doa awal tahun paling baik dibaca usai atau sebelum salat Subuh. Meminta agar harapan-harapan di tahun baru dilancarkan oleh Allah SWT.

Dalam tata cara berdoa, kerap doa akhir tahun yang dipakai adalah butir-butir kalimat yang ada dalam Kitab Al Jami’ Al Kabir karya Imam As-Suyuthi. Doa ini kemudian ditambahkan sholawat atas Nabi Muhammad SAW di awat kalimat doa oleh Habib (Sayyid) Utsman bin Yahya.

Baca Juga: Bacaan Doa Selamatan atau Tasyakuran Punya Rumah Baru Latin, Bahasa Arab, dan Artinya Bahasa Indonesia

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x