Tanggal 16 Desember, Soe Hok Gie Meninggal Dunia di Gunung Semeru: Ini Kumpulan Buku dan Quotes Dirinya

- 16 Desember 2021, 12:00 WIB
Ini buku dan quote Soe Hok Gie yang meninggal dunia di Gunung Semeru pada 16 Desember.
Ini buku dan quote Soe Hok Gie yang meninggal dunia di Gunung Semeru pada 16 Desember. /Instagram.com/@bysoehokgie

BERITA DIY - Simak kumpulan buku dan quotes dari Soe Hok Gie aktivis mahasiswa yang meninggal duna di Gunung Semeru pada 16 Desember beberapa tahun yang lalu.

Tanggal 16 Desember menyisakan beberapa cerita yang tak dapat dilupakan oleh banyak orang. Salah satunya adalah peristiwa yang dialami oleh seorang aktivis mahasiswa yang diketahui bernama Soe Hok Gie.

Nama Soe Hok Gie memang begitu akrab di telinga khususnya bagi para mahasiswa, namun tak banyak yang mengetahui bahwa aktivis itu meninggal dunia pada 16 Desember tahun 1969 di Gunung Semeru.

Baca Juga: 8 Desember Memperingati Hari Ulang Tahun Munir Said Thalib, Simak Profil dan Kelanjutan Kasus Kematiannya

Kematian Soe Hok Gie yang diketahui terjadi secara mendadak itu pun kemudian mengagetkan banyak pihak, khususnya kawan-kawan yang sering bersama dirinya baik dalam kegiatan kampus maupun dalam menjalani hobi naik gunung.

Peristiwa Soe Hok Gie yang meninggal dunia tersebut kemudian menyisakan ingatan tentang perjuangan yang telah dilakukan oleh dirinya. Beberapa buku masupun quotes kata-kata yang pernah diucapkannya pun hingga kini masih terus diingat.

Beberapa buku yang pernah ditulis oleh Soe Hok Gie kemudian menjadi hal yang wajib untuk dimiliki oleh para mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan mengimplementasikannya.

Baca Juga: Profil Munir Said Thalib: Aktivis HAM yang Getol Menolak RUU TNI, Begini Perjalanan dalam Perjuangannya

Sebelumnya diketahui Soe Hok Gie sendiri merupakan pria yang lahir di Jakarta tepatnya pada 17 Desember 1942. Dirinya merupakan seorang yang memiliki darah keturunan campuran Tionghoa dan Indonesia.

Keluarga dari Soe Hok Gie sendiri memang diketahui merupakan keluarga yang terdidik. Dirinya bersama beberapa saudara kandungnya kemudian diketahui menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x