Penyebab Mayoritas Daerah di Indonesia Hujan Berpetir dan Mendung Hari Ini, Berikut Link untuk Cek Cuaca Besok

- 7 Desember 2021, 14:59 WIB
Penyebab mayoritas daerah di Indonesia hujan berpetir dan mendung hari ini, berikut link untuk cek cuaca besok di Bekasi, Jawa Tengah hingga Jakarta.
Penyebab mayoritas daerah di Indonesia hujan berpetir dan mendung hari ini, berikut link untuk cek cuaca besok di Bekasi, Jawa Tengah hingga Jakarta. /AJI STYAWAN/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Simak penyebab mayoritas daerah di Indonesia hujan berpetir dan mendung hari ini, berikut link untuk cek cuaca besok di Bekasi, Jawa Tengah hingga Jakarta.

BMKG sejak Selasa, 7 Desember 2021 pagi memperkirakan sebagian besar wilayah Indonesia diguyur hujan dengan intensitas lebat serta angin kencang.

Menurut BMKG, cuaca ini dipengaruhi seruakan massa angin dingin dari benua Asia. Dikutip dari laman www.bmkg.go.id di Jakarta, kondisi itu menyebabkan terbentuknya daerah pertemuan angin atau konvergensi yang memanjang dari wilayah Sumatera, Pulau Jawa, Kalimantan bagian Selatan, Sulawesi, Maluku Utara, hingga ke wilayah Papua Barat.

Baca Juga: Viral Pawang Hujan Tradisional di Mandalika Amankan WSBK 2021 Live NET TV - Mola TV, Panitia Ungkap Fakta Ini

Maka dari itu, potensi hujan lebat diprakirakan meningkat terutama di wilayah Sumatera bagian selatan, Pulau Jawa, Bali hingga ke Nusa Tenggara Barat, Kalimantan bagian Selatan, Sulawesi bagian Selatan serta beberapa wilayah di Sulawesi bagian Utara, Maluku Utara, Papua Barat dan wilayah Papua.

BMKG juga menyampaikan peringatan dini kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan disertai petir dan angin kencang di wilayah Banten, Kalimantan bagian Selatan, Sulawesi bagian Selatan dan Sulawesi bagian utara.

Sejumlah wilayah ibukota yang diprakirakan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, di antaranya Serang, Bengkulu, Banjarmasin, Samarinda, Pangkal Pinang, Bandar Lampung, Ternate, Mataram, Kupang, Manokwari, Mamuju, Makassar, Manado dan Padang.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Drama Korea yang Cocok Ditonton Maraton Saat Hujan

BMKG mengingatkan pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi peningkatan curah hujan di atas normal hingga Kamis (9/12).

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x