Siapa Roehana Koeddoes di Google Doodle Hari Ini, Wartawan Perempuan Pertama Jadi Pahlawan Nasional

- 8 November 2021, 00:27 WIB
Siapa Roehana Koeddoes yang ada di Google Doodle hari ini, Senin, 8 November 2021, Ia adalah wartawan perempuan pertama yang jadi pahlawan nasional.
Siapa Roehana Koeddoes yang ada di Google Doodle hari ini, Senin, 8 November 2021, Ia adalah wartawan perempuan pertama yang jadi pahlawan nasional. /

BERITA DIY - Siapa Roehana Koeddoes yang ada di Google Doodle hari ini, Senin, 8 November 2021, Ia adalah wartawan perempuan pertama yang jadi pahlawan nasional.

Adapun Roehana Koeddoes yang kini dikenal sebagai pahlawan nasional, diberi penganugerahan gelar di Istana Negara pada Jumat, 8 November 2021 oleh Presiden Joko Widodo.

Penganugerahan gelar pahlawan nasional bagi Roehana Koeddoes sendiri diputuskan antara Dewan Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan dengan Presiden.

Baca Juga: Siapa Ellya Khadam dalam Google Doodle Hari Ini, 23 Oktober? Ini Lho Penyanyi Dangdut 'Boneka dari India'

Roehana Koeddoes pernah dua kali diusulkan Pemprov Sumbar sebagai pahlawan nasional dari provinsi itu dan terakhir diusulkan pada 2018, meski sudah memenuhi syarat namun belum beruntung ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

Roehana Koeddoes merupakan wartawan perempuan di Sumbar lahir di Koto Gadang, Kecamatan Ampekkoto pada 20 Desember 1884 dan meninggal di Jakarta pada 17 Agustus 1972 pada usia 87 tahun.

Ia hidup pada zaman yang sama dengan Kartini, di mana akses perempuan untuk mendapat pendidikan yang baik sangat dibatasi. Ia adalah pendiri surat kabar perempuan pertama di Indonesia.

Baca Juga: Profil Elly Khadam, Penyanyi Dangdut yang Ulang Tahun ke-93 dan Jadi Google Doodle: Biodata dan Karier

Saat Belanda meningkatkan tekanan dan serangannya terhadap kaum pribumi, Roehana bahkan turut membantu pergerakan politik dengan tulisannya yang membakar semangat juang para pemuda.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x