Bansos Sembako BPNT Cair Oktober 2021, Begini Cara Masyarakat Rentan Miskin Daftar di Aplikasi Cek Bansos

- 3 Oktober 2021, 17:25 WIB
Ilustrasi dana bansos sembako BPNT Rp200 ribu untuk masyarakat yang rentan miskin daftar bantuan kartu sembako di apliaksi Cek Bansos.
Ilustrasi dana bansos sembako BPNT Rp200 ribu untuk masyarakat yang rentan miskin daftar bantuan kartu sembako di apliaksi Cek Bansos. /PIXABAY/EmAji

BERITA DIY - Bantuan sembako Kemensos atau bansos sembako BPNT masih berlangsung cair sampai dengan bulan Desember 2021. Bansos sembako BPNT saat ini memasuki penyaluran bulan Oktober 2021.

Kemensos bekerja sama dengan sejumlah warung elektronik dan distributor untuk menyalurkan bansos sembako BPNT. Nominal bansos sembako BPNT yang cair adalah Rp200 ribu yang ada dalam kartu sembako.

Untuk mencairkan dana bansos sembako BPNT, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tidak dapat meminta penarikan tunai, melainkan caranya adalah dengan membelanjakan saldo kartu sembako ke warung elektronik atau distributor bansos sembako BPNT terdekat.

Baca Juga: Sudah Bulan Oktober 2021, Bansos Sembako BPNT Rp200 Ribu Kembali Cair! Cek Link cekbansos.kemensos.go.id

Dalam satu Kartu Keluarga (KK) hanya ada satu nama yang terdaftar sebagai penerima bansos sembako BPNT karena sasaran dari penerima bantuan ini adalah keluarga yang miskin atau rentan miskin akibat pandemi Covid-19.

Masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan ekonominya menurun sementara kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidup khususnya sembako dapat mengusulkan diri sebagai penerima bansos sembako BPNT Rp200 ribu.

Artikel ini akan menyajikan informasi cara untuk daftar penerima bansos sembako BPNT lewat aplikasi Kemensos yang resmi yakni aplikasi Cek Bansos di Play Store atau App Store. Simak caranya berikut ini:

Baca Juga: Kemensos Usul Tambah Kuota Penerima Bansos Sembako BPNT, Ketahui Syarat dan Cara Daftar Program Bantuan

  1. Download aplikasi Cek Bansos
  2. Buat akun baru atau user ID
  3. Login menggunakan user ID yang sudah diaktivasi dan diverivikasi oleh admin Kemensos
  4. Masuk menu Tanggapan Kelayakan
  5. Pilih menu Usul
  6. Lengkapi data pengusul untuk mendapatkan bansos sembako BPNT Rp200 ribu

Sementara itu, masyarakat yang memantau penyaluran bansos sembako BPNT dan menemukan penerima yang tidak sesuai atau layak mendapatkan bantuan dapat membantu Kemensos untuk mengirimkan aduan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x