Surat An Nasr Ayat 1-3 Bahasa Arab, Tulisan Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia serta Maknanya

- 20 September 2021, 10:46 WIB
Ilustrasi Bacaan surat An Nasr lengkap dalam tulisan Arab,Latin, Terjemahan Bahasa Indonesia serta makna yang terkandung di dalamnya.
Ilustrasi Bacaan surat An Nasr lengkap dalam tulisan Arab,Latin, Terjemahan Bahasa Indonesia serta makna yang terkandung di dalamnya. /PIXABAY/hmzasefaa

BERITA DIY – Berikut bacaan surat An Nasr lengkap dengan tulisan Arab, Latin, terjemahan Bahasa Indonesia serta makna yang terdapat di dalamnya.

Surat An Nasr merupakan surat ke-110 dalam Al Quran. An Nasr memiliki makna atau arti pertolongan dan terdiri dari tiga ayat saja.

Surah ini termasuk dalam golongan surah Madaniyah dan masuk sebagai salah satu surah Al Qishar atau surah dalam Al Quran yang memiliki ayat-ayat pendek.

Baca Juga: Bacaan Surat Ali Imran Ayat 190-191 Lengkap dengan Bahasa Arab, Latin Indo, serta Maknanya

Banyak pendapat menjelaskan mengenai turunnya surat An Nasr. Salah satunya menyebutkan, bahwa surat An Nasr diturunkan sewaktu perjuangan Nabi Muhammad SAW menaklukkan kota Makkah atau seusai perang Khaibar.

Perang Khaibar merupakan perang yang terjadi antara umat Islam dengan bangsa Yahudi yang tinggal di wilayah oasis Khaibar.

Namun pendapat lain menyatakan bawah surat An Nasr diturunkan ketika Nabi Muhammad SAW melaksanakan haji Wada’ atau haji yang terakhir sebelum Rasulullah meninggal dunia.

Baca Juga: Baca Doa Surat Al Mulk Sebelum Tidur, Ada Keutamaan Dosa Bisa Terampuni dan Manfaat Lainnya

Terlepas dari berbagai pendapat soal diturunkannya surat An Nasr, surah ini memiliki makna bahwa pertolongan dari Allah pasti akan datang kepada setiap manusia.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x