Urutan 114 Surat Al-Quran Lengkap dalam Tulisan Arab, Arti Bahasa Indonesia, dan Jumlah Ayat

- 5 September 2021, 17:42 WIB
Ilustrasi - Simak urutan 114 surat dalam kitab suci Al-Quran lengkap dalam tulisan Bahasa Arab, terjemahan Bahasa Indonesia, dan jumlah ayat.
Ilustrasi - Simak urutan 114 surat dalam kitab suci Al-Quran lengkap dalam tulisan Bahasa Arab, terjemahan Bahasa Indonesia, dan jumlah ayat. /PIXABAY/Pexels

BERITA DIY - Simak urutan 114 surat pada kitab suci umat Islam Al-Quran lengkap dalam tulisan Arab, arti dalam Bahasa Indonesia, dan jumlah ayat dari masing-masing surat.

Al-Quran diturunkan oleh Allah SWT melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW. Tak berlangsung instan, kitab suci umat Islam itu turun selama 22 tahun, 2 bulan, dan 22 hari. 

Isi dari Al-Quran merupakan petunjuk bagi manusia untuk melakukan sesuatu sesuai dengan perintah Allah SWT dan menjauhi larangan-Nya. 

Baca Juga: Doa Shalat Tahajud, Lengkap Arab, Latin, Indonesia

Terkadang, Al-Quran menceritakan kisah yang dipercaya telah terjadi sebagai contoh untuk manusia di bumi tentang pentingnya moral dan sebagainya.

Setiap surat memiliki beberapa ayat yang berbeda, mulai surat yang terdiri dari tiga ayat, seperti surat Al-Kautsar, An-Nasr, dan Al-Asr, hingga yang terpanjang, yaitu surat Al-Baqarah, di mana memiliki 286 ayat.

Dilansir dari quran.kemenag.go.id, berikut ini disampaikan urutan 114 surat dalam Al-Quran lengkap dalam tulisan Arab, arti Bahasa Indonesia, dan jumlah ayat dari masing-masing surat.

Baca Juga: Bacaan Doa Setelah Shalat Lengkap Arab, Latin, Indonesia

1. Al-Fatihah (الفاتحة) - Pembukaan - 7 ayat

2. Al-Baqarah (البقرة) - Sapi Betina - 286 ayat

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim

Sumber: Kemenag


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x