Apa Itu Negara ROC di Olimpiade Tokyo 2020 yang Menempati Peringkat 5 Perolehan Medali Terbanyak

- 2 Agustus 2021, 20:25 WIB
Bendera netral Russian Olympic Committee (ROC) di ajang Olimpiade Tokyo 2020
Bendera netral Russian Olympic Committee (ROC) di ajang Olimpiade Tokyo 2020 /Olympics.com

BERITA DIY - Kata kunci ROC banyak dicari hari ini sehingga menjadi trending topik di Google, Senin, 2 Agustus 2021. Apa itu ROC? Kenapa nama tersebut ada di dalam daftar negara partisipan ajang olahraga internasional Olimpiade Tokyo 2020?

ROC adalah singkatan dari Russian Olympic Committee atau Komite  Olimpiade Russia. Di bawah naungan nama ROC ada 335 atlet asal Rusia yang bertanding secara netral di Olimpiade Tokyo 2020.

Akumulasi perolehan medali per 2 Agustus 2021, ROC saat ini menempati peringkat ke-5 dari 73 negara yang sudah mengantongi medali.

Baca Juga: Apa Itu Doping? Lifter China Terindikasi Doping, Windy Cantika Bisa Ganti Medali Perak di Olimpiade Tokyo 2020

ROC telah mengumpulakan total 50 medali dengan rincian 12 medali emas, 21 medali perak, dan 17 medali perunggu. ROC juga menjadi juara tiga besar berdasar raihan total medali terbanyak hingga saat ini.

Russian Olympic Committee (ROC)

Ada alasan dibalik nama ROC yang digunakan Rusia pada Olimpiade Tokyo 2020. Ini merupakan buntut dari kasus skema doping yang dilembagakan terjadi pada ajang Olimpiade Sochi 2014 silam.

Badan Anti-Doping Dunia (WADA) melakukan investigasi lanjutan sejak akhir 2014 sampai 2015 terkait skandal doping yang dilakukan para atlet Rusia. Hasilnya membuktikan bahwa ada peran negara dan Badan Anti-Doping Rusia (RUSDA) yang bermain kotor secara sistematis.

Baca Juga: Sejarah! Greysia Polii-Apriyani Rahayu Raih Emas Olimpiade Tokyo 2020 Ganda Putri

Berdasar pada temuain ini Pengadilan Arbritase Olahraga (CAS) menjatuhkan sanksi kepada Rusia berupa larangan berpartisipasi di ajang olahraga selama 4 tahun di ajang olahraga internasional.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x