Alasan Mengapa Jumat Miliki Keistimewaan, Hari yang Baik dan Dimuliakan Dalam Islam Beserta Ayat Al-Qurannya

- 1 Juli 2021, 21:14 WIB
Ilustrasi menjalankan sholat jamak bagi umat Islam yang sedang bepergian atau melakukan perjalanan jauh.
Ilustrasi menjalankan sholat jamak bagi umat Islam yang sedang bepergian atau melakukan perjalanan jauh. /Pixabay/rudolf_langer

BERITA DIY - Jumat adalah hari yang sangat penting bagi umat Islam. Bahkan, hari Jumat diriwayatkan sebagai hari paling mulia. Para umat Muslim pria pun diwajibkan untuk beribadah salat Jumat di siang hari.

Meskipun menyembah Allah SWT tidak terbatas oleh waktu, namun ada hari atau momen di mana saat umat Islam beribadah, pahalanya akan berlipat ganda. Jumat adalah salah satu waktu terbaik.

Nabi Muhammad SAW meriwayatkan bahwa hari Jumat adalah hari yang memiliki keutamaan. Dia menyebutkan, itulah saat di mana laki-laki Muslim berkumpul di masjid untuk menyembah Allah SWT.

Baca Juga: Hukum Memelihara Hewan Peliharaan Anjing Bagi Umat Islam, Bisa Menghalangi Kedatangan Malaikat?

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila telah diseru untuk melaksanakan shalat pada hari Jumat, maka segeralah kamu mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui," (QS. Al-Jumuah ayat 9).

Bahkan, Jumat menjadi hari libur di beberapa negara mayoritas Muslim, tidak termasuk Indonesia. Di negara-negara Barat, banyak Muslim mencoba untuk mengambil istirahat makan siang untuk menunaikan salat Jumat.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda kepada para pengikutnya bahwa keutamaan salat Jumat adalah dapat menghapis dosa-dosa yang dilakukan dari Jumat sebelumnya hingga berikutnya.

Baca Juga: Profil Yussuf Poulsen, Pemain Denmark Keturunan Islam yang Cetak Gol 'Jatuh Dari Langit' lawan Rusia Euro 2020

"Shalat lima waktu, dan dari satu shalat Jumat ke shalat Jumat berikutnya, berfungsi sebagai penghapus dosa apa pun yang telah dilakukan di antara mereka, asalkan seseorang tidak melakukan dosa besar," 

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Islam Religion


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah