Cara Obati Sakit Tenggorokan dengan Bahan Alami: Berikut Gejala dan Penyebabnya

- 3 Juni 2021, 21:10 WIB
Ilustrasi - Gejela, Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Tenggorokan secara Alami.
Ilustrasi - Gejela, Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Tenggorokan secara Alami. /pixabay/ nastya_gepp

BERITA DIY – Kenali penyebab, gejala dan cara mengobati sakit tenggorokan secara alami berikut ini. Sakit tenggorokan merupakan rasa sakit, kering, atau gatal yang terjadi di tenggorokan.

Kebanyakan sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi, namun juga dapat disebabkan oleh faktor lingkungan seperti udara kering. Cara untuk mengobati sakit tenggorakan pun bervariasi berdasarkan dari gejala dan penyebabnya.

Dilansir dari Healthline, penyebab sakit tenggorokan dapat dikarenakan oleh pilek, flu, radang tenggorokan, alergi, udara yang kering, asap, infeksi virus lainnya dan Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau kondisi di mana asam lambung kembali ke kerongkongan.

Baca Juga: Demi Mempercepat UMKM Jabar Go Digital, Ridwan Kamil Gandeng Shopee dalam Membuka Shopee Center

Gejala sakit tenggorokan bervariasi tergantung penyebabnya. Sakit tenggorokan bisa terasa gatal, terbakar dan kering pada tenggorakan. Anda mungkin juga akan merasakan sakit saatmenelan atau berbicara.

Tenggorokan atau amandel Anda mungkin juga terlihat merah. Terkadang juga terdapat bercak putih di amandel pada orang yang mengalami radang tenggorokan.

Seiring dengan sakit tenggorokan tersebut Anda dapat merasakan hidung tersumbat, pilek, bersin, batuk, demam, panas dingin, pembengkakan kelenjar di leher, suara serak, pegal-pegal, sakit kepala, kesulitan menelan dan kehilangan nafsu makan.

Sakit tenggorokan biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam dua hingga tujuh hari. Jika Anda sudah merasakan sakit tenggorokan, Anda dapat mencoba mengobatinya dengan beberapa cara alami berikut ini.

Baca Juga: Apa itu Sianida? Berikut Penjelasan Lengkap Pengertian dan Kandungan hingga Gejala Keracunan Sianida

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x