5 Tanda Jantung Kolaps Usai Olahraga, Awas! Berisiko Kematian, Penyebab dan Gejala

- 25 Mei 2021, 20:53 WIB
Ilustrasi 5 tanda jantung kolaps usai olahraga.
Ilustrasi 5 tanda jantung kolaps usai olahraga. /Pixabay/pexels

BERITA DIY - Olahraga merupakan kegiatan yang dapat membuat tubuh menjadi bugar dan sehat. Namun, hati-hati. Ternyata, olahraga juga dapat mengakibatkan jantung kolaps. Kenali 5 tanda berikut agar mudah mencegah.

Terkadang, setelah berolahraga, tubuh sering lelah dan perlu istirahat. Asupan cairan, seperti dengan meminum air putih usai berolahraga, juga menjadi hal yang penting.

Biasanya, ketika melakukan rehat, jantung akan berdegup kencang seperti masih terasa sisa-sisa berolahraga. Saat itulah, Anda harus membuat degup jantung menjadi tenang dan kembali ke kondisi semula.

Baca Juga: Cara Cek Data di periksadata.com, Pastikan Data BPJS Kesehatan Anda Tak Alami Kebocoran

Dengan begitu, pompaan darah tidak lagi masif dan membuat tubuh menjadi rileks. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa tidak selalu jantung merespons baik usai berolahraga.

Kegiatan ekstra juga bisa membuat jantung justru kolaps dan berbahaya bagu tubuh. Dikutip dari Healthline, berikut 5 tanda jantung kolaps ketika kelelahan yang perlu diperhatikan.

1. Merasakan nyeri dan tidak nyaman di bagian dada

Ketika merasakan ini, jangan anggap remeh. Segera lakukan pertolongan pertama dengan membuat tubuh rileks. Jika sudah terasa parah, lekas cari bantuan untuk membantu Anda mendatangi fasilitas kesehatan terdekat.

Baca Juga: Cara Cek Data BPJS Kesehatan Kita Bocor atau Tidak di periksadata.com/bpjs

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x