Cara Cek Data di periksadata.com, Pastikan Data BPJS Kesehatan Anda Tak Alami Kebocoran

- 25 Mei 2021, 18:25 WIB
Ilustrasi - Sebanyak 279 juta data peserta BPJS Kesehatan diduga diperjualbelikan.
Ilustrasi - Sebanyak 279 juta data peserta BPJS Kesehatan diduga diperjualbelikan. /Twitter.com/@secgron

BERITA DIY - Untuk melihat data pribadi Anda bocor atau tidak, Anda bisa menggunakan beberapa website secara online. Salah satunya yakni periksadata.com/bpjs yang akan memberitahu info apakah data kamu bocor atau tidak.

Laman ini merespon kabar dugaan adanya 279 juta data peserta BPJS Kesehatan bocor dan diperjualbelikan di beberapa forum komunitas di dunia maya. Website ini diciptakan oleh Teguh Aprianto, peneliti keamanan siber dan pendiri hack.co.id.

"Soal kebocoran data BPJS Kesehatan, untuk cek apakah data pribadi kamu ikut bocor, bisa cek di periksadata.com/bpjs menggunakan nomor anggota BPJS milik kamu," tulis Teguh di akun Twitter resminya @secgron pada Minggu, 23 Mei 2021.

Baca Juga: Bocoran BSU Subsidi Gaji Karyawan 2021 Kapan Cair dan Cara Daftar BLT BPJS Ketenagakerjaan Juni 2021

Laman pengecekan kebocoran data BPJS Kesehatan tersebut, Teguh membeberkan alasannya, adalah untuk membantu masyarakat Indonesia yang membutuhkan.

Dalam twit lanjutannya, Teguh menegaskan jika data yang dimasukkan oleh pengguna situs hanya digunakan untuk pemeriksaan, tidak akan pernah disimpan di server laman periksadata.com/bpjs.

"Jumlah penduduk Indonesia di tahun 2021 271 juta penduduk. Sementara data yang bocor 279 juta termasuk orang yang sudah meninggal. Jadi walaupun data kamu tidak ada di sampel yang diberikan oleh pelaku, kemungkinannya sangat besar data kamu ikut bocor bersamaan dengan 279 juta orang lainnya," jelas Teguh dalam twitnya lagi.

Baca Juga: BLT BPJS Ketenagakerjaan 2021 Cair? Maaf 5 Rekening Bank Ini Gagal Ditransfer BSU Subsidi Gaji Karyawan

Cara cek di periksadata.com/bpjs

Saat ini data yang tersedia untuk perbandingan di laman ciptaan Teguh yakni 1 juta sampel. Didapatkan dari pelaku yang telah menyebarkannya di forum daring Raid Forums beberapa waktu lalu.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x