Daftar Wilayah di Indonesia yang Bisa Lihat Gerhana Bulan Total dari Fase Awal hingga Fase Akhir

- 26 Mei 2021, 13:48 WIB
Ilustrasi: Gerhana Bulan total atau super blood moon.
Ilustrasi: Gerhana Bulan total atau super blood moon. /pixabay/ KBOutdoors

BERITA DIY - Fenomena Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon akan terjadi malam hari ini, Rabu 26 Mei 2021. Proses terjadinya Gerhana Bulan Total bisa disaksikan di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Gerhana Bulan Total sendiri terjadi ketika posisi bulan, bumi dan matahari sejajar. Kondisi ini membuat bulan masuk ke area umbra bumi sehingga menyebabkan bulan nampak merah.

Masyarakat Indonesia bisa menyaksikan peristiwa Gerhana Bulan Total di sejumlah wilayah. Berikut daftar wilayah di Indonesia yang bisa menyaksikan Gerhana Bulan Total dari fase awal sampai fase akhir.

Baca Juga: Gerhana Bulan Total: Waspada Banjir Rob di 8 Daerah Ini Akibat Naiknya Permukaan Air Laut

1. Fase Awal (P1)

Fase awal Gerhana Bulan dimulai pukul 15.46 WIB dan melintas memotong wilayah Papua bagian tengah. Hal ini menyebabkan wilayah Papua bisa menyaksikan fase awal Gerhana Bulan.

2. Fase Sebagian (U1)

Fase Gerhana Bulan sebagian akan terjadi pukul 16.44 WIB yang melintas memotong Pulau Sulawesi dan Nusa Tenggara. Sehingga wilayah Indonesia Timur, termasuk Pulau Sulawesi bagian Timur dan Nusa Tenggara Timur dapat menyaksikan fase Gerhana Bulan sebagian.

3. Fase Awal Gerhana Bulan Total (U2)

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: ANTARANEWS


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x