Link Live Streaming Nonton Gerhana Bulan Total, Daftar Lokasi dan Waktu Puncaknya

- 26 Mei 2021, 10:35 WIB
Ilustrasi - Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon.
Ilustrasi - Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon. /PEXELS/ Dids

BERITA DIY - Gerhana Bulan Total (GBT) atau Super Blood Moon akan melintasi langit beberapa wiliayah di Indonesia. Berikut link live streaming untuk menonton fenomena tersebut dan daftar lokasi serta waktu puncaknya.

Diprediksi fenomena langka ini akan terjadi Rabu petang nanti, 26 April 2021 atau sekitar pukul 18.20 WIB. Dan Gerhana Bulan Total bisa Anda tonton dengan mata telanjang.

Kepala Pusat Seismologi Teknik, Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG Rahmat Triyono telah menyatakan kalau Gerhana Bulan Total ini aman untuk disaksikan.

Baca Juga: Niat Sholat Sunnah Gerhana Bulan Total Rabu 26 Mei 2021: Bahasa Arab, Latin dan Terjemahanya

"Gerhana Bulan Total ini dapat disaksikan jika kondisi cuaca cerah-berawan dan aman untuk ditonton oleh masyarakat," kata Triyono pada media, Selasa 25 Mei 2021.

Seperti apa yang dikatakan oleh Triyono, kejadian saat posisi Matahari-Bumi-Bulan bergaris sejajar ini dapat disaksikan jika kondisi cerah dan berawan.

Kemudian saat puncak Gerhana Bulan Total terjadi, sebut Triyono, Bulan akan terlihat berwarna merah atau yang dikenal dengan istilah Blood Moon. Karena itu, GBT 26 Mei 2021 disebut juga dengan Super Blood Moon.

Baca Juga: Fase Gerhana Bulan Total yang Berlangsung Selama 5 Jam pada 26 Mei 2021

Waktu dan Wilayah yang dapat menyaksikan GBT

Proses Super Blood Moon ada empat fase. Sejak fase awal (P1) hingga fase akhir (P4), sebut Triyono, akan berlangsung selama 5 jam 5 menit lebih 2 detik.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x