Jangan Lewatkan! Ini Jadwal Gerhana Bulan Total Super Blood Moon Indonesia, Bertepatan dengan Hari Libur

- 22 Mei 2021, 14:00 WIB
Gerhana Bulan Total Super Blood Moon Terjadi 26 Mei 2021.
Gerhana Bulan Total Super Blood Moon Terjadi 26 Mei 2021. /Reuters/Mike Blake

BERITA DIY - Empat hari lagi tepatnya tanggal 26 Mei 2021, masyarakat Indonesia akan disuguhkan fenomena alam luar biasa yakni Gerhana Bulan Total (GBT) atau Super Blood Moon.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan Indonesia akan mengalami fenomena langit yakni Gerhana Bulan Total (GBT) atau Super Blood Moon pada tanggal 26 Mei 2021.

Fenomena Super Blood Moon ini adalah akibat dari Gelombang cahaya panjang yang datang dari Bumi yang membuat bulan tampak merah.

Baca Juga: Niat dan Cara Shalat Khusuf Jelang Gerhana Bulan Total 26 Mei 2021

Bulan akan semakin merah jika polusi udara, tutupan awan atau ketebalan partikel di atmosfer Bumi yang ditembus cahaya itu semakin besar.

"Fenomena puncak gerhana ini akan dapat diamati langsung tanpa memerlukan alat bantu optik pada jam 18.46 WIB di wilayah barat indonesia, 19.46 WITA di wilayah Tengah Indonesia, dan jam 20.46 WIT di wilayah Timur. Dengan durasi puncak gerhana selama 14 menit 30 detik," tulis rilis BMKG, Kamis, 20 Mei 2021.

Selain BMKG, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), juga mengumumkan hal serupa.

Baca Juga: Tahun 2021 Baru Sebulan Lebih, BNPB Catat Sudah Ada 386 Bencana Alam di Indonesia: 213 Korban Meninggal

“Gerhana bulan total yang akan terjadi pada tanggal 26 Mei mendatang akan sangat spesial, karena gerhana Bulan kali ini beriringan dengan terjadinya Perige, yakni ketika Bulan berada di jarak terdekatnya dengan Bumi,” papar LAPAN dalam akun resmi Instagram.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x