Bansos BST Kemensos Rp300 Ribu Cair Untuk 10 Juta KPM, Cara Cek Terbaru di cekbansos.kemensos.go.id

- 25 Mei 2021, 20:40 WIB
Ilustrasi penyaluran dana BST Kemensos Rp300 ribu.
Ilustrasi penyaluran dana BST Kemensos Rp300 ribu. /Dok. Kemensos

BERITA DIY - Bantuan Sosial Tunai atau BST Kemensos Rp300 telah resmi diperpanjang oleh Mensos Tri Rismaharini atas masukan yang diterima dari masyarakat terkait kebermanfaatan Bansos BST.

Awalnya, Bansos BST Kemensos Rp300 ribu hanya akan disalurkan hingga bulan April 2021, namun akhirnya diperpanjang hingga bulan Juni 2021 dan disalurkan melalui PT Pos Indonesia untuk 10 juta KPM.

Cara cek Bansos BST Rp300 ribu mengalami pembaharuan karena Kemensos RI telah melakukan pemutakhiran dan pengefisiensi cara cek Bansos dari Kemensos agar data Keluarga Penerima Manfaat atau KPM lebih akurat.

Baca Juga: Bansos BST Kemensos Rp 300 Ribu Cair di PT Pos Indonesia, Cek Daftar Penerima di cekbansos.kemensos.go.id

Sebanyak 10 juta KPM akan menerima Bansos Kemensos Rp300 ribu yang dapat dicek secara online di laman cekbansos.kemensos.go.id dengan memasukkan identitas tempat tinggal KPM.

Bansos BST dijadwalkan cair di bulan Mei dan Juni agar meningkatkan daya beli masyarakat dan dalam rangka mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional atau PEN setelah pandemi Covid-19.

Sementara itu, bagi masyarakat yang merasa layak mendapatkan Banpres BPUM namun tidak terdaftar di cekbansos.kemensos.go.id dapat melakukan pendaftaran ke pemerintah daerah setempat agar diusulkan sebagai penerima.

Baca Juga: Tidak Ada Pemotongan BST DKI Jakarta Tahap 4 Rp 300 Ribu, Ini Aplikasi dan Nomor Aduan Pungutan Bansos Liar

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk dapat Bansos BST Kemensos Rp300 ribu adalah berikut ini:

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x