Anies Baswedan Rela Menginap di Pulau Dekat Sumatera Demi Pastikan Listrik Nyala 24 Jam di Pulau Sabira

- 1 Mei 2021, 16:35 WIB
Anies Baswedan klaim listrik di Pulau Sabira sudah teraliri selama 24 jam.
Anies Baswedan klaim listrik di Pulau Sabira sudah teraliri selama 24 jam. /Facebook.com/Anies Baswedan

BERITA DIY - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memamerkan salah satu hasil kerjanya.
 
Kali ini, Anies mengklaim telah berhasil membuat Pulau Sabira di Kepulauan Sabiru teraliri listrik delama 24 jam.
 
"Alhamdulillah, kemarin kami bisa kembali mengunjungi Pulau Sabira yang merupakan pulau paling ujung dari Provinsi DKI Jakarta. Secara hitungan kilometer lebih dekat ke daratan Sumatra daripada Jawa. Tapi, ini masih wilayah DKI Jakarta." ujar Anies di keterangan tertulisnya, 1 Mei 2021.
 
 
Sebelumnya, masyarakat Pulau Sabira hanya mendapatkan akses listrik selama 14 jam sehari namun kini mereka sudah bisa menikmati listrik layaknya masyarakat ibukota.
 
Anies Baswedan bahkan sengaja menyempatkan untuk menginap di Pulau Sabira untuk meninjau langsung kondisi masyarakat di sana pada 30 April 2021 tadi malam.
 
Pasokan listrik yang ada di pulau yang berdekatan dengan Sumatera itu dihasilkan dari pembangkit listrik tenaga diesel dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).
 
 
Anies mengklaim, dengan PLTS ini, penggunaan pembangkit listrik tenaga diesel bisa dikurangi 50 persen, sehingga lebih efisien.
 
Setelah meninjau tempat penjemuran ikan asin, Anies melanjutkan ke Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang telah diresmikan sejak November 2020 lalu.
 
Bekerja sama dengan PLN Disjaya, PLTS berkapasitas 400 kilowattpeak ini memasok kebutuhan listrik Pulau Sabira, selain pembangkit listrik tenaga diesel.
 
 
"Secara hitungan kilometer warga Sabira memang jauh dari Monas tapi Insya Allah perasaan hati dan ikatan kebersamaan kita amat kuat dan dekat. Semalam kami menginap di Pulau Sabira, untuk silahturami, ngobrol-ngobrol dengan warga." tambahnya.
 
"Ini merupakan bagian dari ikhtiar untuk memenuhi kebutuhan dasar warga Jakarta. Jadi, tinggalnya boleh di pulau tapi pelayanan dasarnya InsyaAllah standar ibu kota." tambah Anies.

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x