Kriteria Miskin Penerima Bansos Minta Diperjelas, Wakil Ketua KPK: Miskin di Jakarta Beda dengan di Desa

- 1 Mei 2021, 16:16 WIB
Wakil Ketua KPK meminta Kemensos memperjelas kriteria miskin penerica bansos.
Wakil Ketua KPK meminta Kemensos memperjelas kriteria miskin penerica bansos. /ANTARA FOTO/ Reno Esnir/foc

BERITA DIY – Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata meminta Kementerian Sosial (Kemensos) kembali mempertegas kriteria miskin pada penerima bantuan sosial (banso).

Hal tersebut disampaikan Alexander Marwata dalam jumpa pers yang turut dihadiri Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini (Risma), Jumat, 30 April 2021 di Gedung KPK, Jakarta.

Wakil Ketua KPK mengungkapkan, selain Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang menjadi acuan pemberian dana bansos, kriteria kemiskinan juga harus diperhatikan.

Baca Juga: Anak Presiden Jokowi Tak Jawab Permintaannya, Aldi Taher Minta Bantuan Netizen Colek Kaesang Pangarep

Menurutnya, keadaan miskin untuk penduduk Jakarta berbeda dengan miskin yang tinggal di desa.

Hal tersebut diutarakan Alexander Marwata bahwa hal yang mendasari perbedaan tersebut dikarenakan kebutuhan setiap daerah yang berbeda.

“Karena apa, kalau miskin di Jakarta mungkin kebutuhannya itu bukan makan, tetapi tempat tinggal karena banyak orang miskin yang kita lihat masih tinggal di kampung-kampung yang tidak layak huni, misalnya, nanti hubungannya apa dengan bansos yang akan disalurkan,” terang Alex dalam jumpa pers yang juga diunggah pada akun YouTube KPK RI, 30 April 2021 tersebut.

Baca Juga: Jadwal Bola Malam Ini: Ada Liga Spanyol hingga Liga Primer Inggris

Alex menambahkan pihak Kemensos agar terus berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menentukan kriteria kemiskinan serta dapat terus dipantau.

Hal tersebut diharapkan dapat menghindari kasus seperti orang yang dianggap sudah mampu secara ekonomi namun setiap tahun mendapatkan dana bansos dan masih dimasukkan sebagai kriteria miskin.

Halaman:

Editor: Mufit Apriliani

Sumber: ANTARA YouTube KPK RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x