Nama Pendiri NU Hilang dari Kamus Sejarah Indonesia, Ketua KNPI Desak Jokowi Copot Mendikbud: Reshuffle Nadiem

- 20 April 2021, 21:00 WIB
Foto Ketua KNPI Haris Pertama.
Foto Ketua KNPI Haris Pertama. /instagram.com/@harispertama

BERITA DIY – Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama menyalahkan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Menduikbud) Nadiem Makarim terkait polemik yang ditimbulkan Kamus Sejarah Indonesia Jilid I.

Terbitnya Kamus Sejarah Indonesia Jilid I menuai polemik karena hilangnya nama pendiri Nahdatul Ulama (NU) KH Hasyim Asyari, dan munculnya sejumlah nama yang terlibat langsung dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Melalu akun twitternya, @knpiharis, Haris Pertama mengatakan bahwa Mendikbud menjadi orang paling bertanggungjawab atas dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Oleh karenanya Nadiem Makariem turut bertanggungjawab terhadap Kamus Sejarah Indonesia Jilid I.

Baca Juga: Rasanya Jadi Suami Aurel Hermansyah, Atta Halilintar: Kadang Seneng Kadang Puyeng

Baca Juga: Karyawan Korban PHK Bisa Dapat Bantuan Uang Tunai dari JKP: Catat Syarat dan Rinciannya

Haris Pertama juga mengaku heran bagaimana bisa tokoh penting dalam pergerakan nasional dan keagamaan yang merupakan pendiri NU KH Hasyim Ashari tidak ada dalam buku tersebut. Namun tokoh-tokoh partai terlarang PKI justru ada dalam buku Kamus Sejarah Indonesia Jilid I.

"Tokoh-tokoh PKI dimunculkan dalam kamus sejarah Republik Indonesia, sedangkan tokoh-tokoh agama yang sangat berjasa seperti KH.Hasyim Asyari (pendiri NU) dihilangkan atau dilenyapkan dalam Kamus Sejarah Republik Indonesia," tulis Haris dikutip BERITA DIY dari akun twitternya, Selasa, 20 April 2021.

Terkait kontroversi yang ada dalam Kamus Sejarah Indonesia Jilid I, Haris Pertama mempertanyakan bagaimana kerja dari Mendikbud Nadiem Makariem. Bahkan, Haris meminta agar Presiden Jokowi segera menurunkan Nadien Makarim dari jabatannya sebagai Mendikbud.

Baca Juga: Ganti eKTP Rusak Atau Hilang Kini Bisa Secara Online, Berikut Caranya

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: Twitter @knpiharis


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x