Lagi, NTB Ekspor Kopi Robusta ke Korea Selatan Sebanyak 44 Ton

- 20 April 2021, 16:37 WIB
Ilustrasi: NTB melalui UMKM binaan BI kembali ekspor kopi jenis robusta ke Korea Selatan (Korsel) sebanyak 44 ton.
Ilustrasi: NTB melalui UMKM binaan BI kembali ekspor kopi jenis robusta ke Korea Selatan (Korsel) sebanyak 44 ton. /pixabay.com/Skitterphoto

BERITA DIY - Kopi jenis robusta yang menjadi komoditas andalan Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaan Bank Indonesia (BI) di Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali diekspor ke Korea Selatan (Korsel) sebanyak dua kontainer atau 44 ton.

Sekretaris Daerah (Sekda) NTB H Lalu Gita Ariadi dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi NTB Heru Saptaji melepaskan dua unit kendaraan truck kontainer bermuatan kopi robusta di Mataram, Senin, 19 April 2021.

"Ini adalah ekspor ketiga kali. Saya mengapresiasi Bank Indonesia bersama dunia perbankan dan moda transportasi laut dan udara yang telah mendukung perluasan ekspansi pasar dengan ekspor sebagai orientasi," kata Sekda NTB H Lalu Gita Ariadi dikutip Berita DIY dari Antara News.

Baca Juga: Bocoran Ikatan Cinta Malam Ini, 20 April 2021: Kebohongan Aldebaran Terbongkar, Mama Rosa dan Andin Kecewa

Kegiatan ekspansi pasar ekspor komoditas ke berbagai negara, menurut Lalu Gita, sejalan dengan pembentukan Kementerian Investasi yang akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan daerah.

Oleh karena itu, untuk menjamin kualitas dan kuantitas komoditas yang sudah mampu menembus pasar ekspor tetap terjaga, Gita mendorong keterlibatan semua organisasi perangkat daerah di sektor produksi tersebut.

"Jangan cepat berpuas diri. Sekali berani ekspor, maka kita harus pastikan kontinuinitasnya. Kalau ini sukses, maka perluasan pasar tidak hanya Korea Selatan, tapi ke Mesir, Kanada dan Timur Tengah," ujarnya.

Baca Juga: Sebut Moeldoko Tak Tahu Apa-apa, Kubu AHY: Dia juga Bukan Siapa-siapa di Partai Demokrat

Heru Saptaji selaku Kepala Perwakilan BI Provinsi NTB mengatakan, kopi merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan NTB. Ekspor kopi yang dilakukan oleh UD Berkah Alam merupakan komitmen pengiriman 140 ton Kopi jenis robusta ke Korea Selatan.

Melalui sinergi dan kolaborasi Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi NTB, keberhasilan pengiriman kembali kopi ke Korea Selatan bisa terwujud. Tak hanya Bank Indonesia dan Pemerintah Provinsi NTB, keberhasilan tersebut juga karena adanya keterlibatan otoritas terkait antara lain, yakni Bea Cukai, Balai Karantina Pertanian, Bank Rakyat Indonesia Cabang Praya sebagai penyedia jasa pembiayaan maupun PT Ammar Sasambo Internasional sebagai mitra.

"Dukungan strategis lainya juga diberikan oleh PT Pelindo, PT Angkasa Pura, dan Garuda Indonesia sebagai mitra strategis dalam kegiatan ekspor NTB," ucap Heru.

Baca Juga: Perhatikan! Berikut 3 Hal yang Membuat Puasa Jadi Sia-sia

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x